Bahaya Menahan Kentut dan Cara Mengatasinya.

0
188
menahan kentut
Pernah menahan kentut di tempat umum? Yap, pasti sebagian orang pernah tak sengaja kentut dalam keramaian, entah itu disekoah, tempat kerja, atau pada saat sedang jalan dengan gebetan. Tentunya ada perasaan malu yang teramat ketika kamu ketahuan orang-orang disekitarmu saat ketahuan.
menahan kentut

Sebenarnya kentut memang harus segera dilepaskan dan sangat tidak dianjurkan untuk ditahan. Sebab kesehatanmu pasti akan terganggu. Seperti lansiran dari laman Kumparan, Clare Collins, dosen nutrisi dan makanan di University of Newcastle, menulis di The Conversation mengenai apa yang akan terjadi bila seseorang menahan kentutnya.

Baca juga: Kerja Fleksibel Makin Diminati Oleh Orang Tua Bekerja

Kentut atau disebut juga flatus adalah gas yang berasal dari usus yang masuk ke rektum karena proses pencernaan dan metabolisme tubuh, dan keluar melalui anus. Bakteri usus melakukan proses yang disebut fermentasi pada sisa makanan yang berada di usus besar. Proses ini menghasilkan gas dan asam lemak. Asam lemak dapat digunakan untuk metabolisme yang dapat membantu meningkatkan imunitas dan mencegah penyakit. Sementara itu, gas yang tersisa akan diserap kembali dan dapat dikeluarkan melalui pernapasan atau menjadi kentut.

Baca juga: Aplikasi Path Ucapkan Selamat Tinggal

Saat mencoba untuk menahan kentut, akan terjadi tekanan didalam perut dan membuat perut terasa sangat tidak nyaman. Menahan kentut juga dapat menyebabkan distensi abdomen atau penumpukan zat di perut, dala hal ini gas. Penumpukan zat gas ini akan menyebabkan perut atau pinggang membesar, lebih dari ukuran. Dan yang paling buruk, menahan buang gas dapat menyebabkan wasir atau usus semakin membesar. Hal ini terjadi karena adanya gerakan yang berlebihan pada organ dubur pada saat menahan kentut agar tidak keluar. Gerakan tersebut membuat otot-otot di dubur menegang dan memicu melebarnya pembuluh darah.

Baca juga: Jakarta Jadi Kota Tepat Untuk Para Singlelillah

menahan kentut

Untuk menghindari kentut yang berbau menusuk yang nantinya bisa mengganggu kenyamanan diri sendiri dan orang lain, berikut ini beberapa tips untuk mengatasinya :

  1. Membatasi makanan yang bisa memicu timbulnya gas di perut seperti, kacang-kacangan, umbi-umbian, kubis, kecambah, jengkol, kembang kol, dan lain sebagainya.
  2. Mengurangi konsumsi minuman beralkohol dan minuman bersoda, karena hal tersebut dapat memicu terjadinya kentut dan bau.
  3. Minum teh yang mengandung bahan-bahan herbal seperti chamomile dan pepermint. Bahan-bahan herbal tersebut dapat membantu tubuh dalam proses pencernakan makanan dengan benar sehingga dapat mencegah kentut berbau.

Itulah bahaya menahan kentut dan cara menghindari kentut agar tidak berbau menusuk. Silakan dicoba guys ^^

loading...