Alasan Wanita Disarankan Berlatih Bela Diri

0
196
bela diri
Alasan Wanita Disarankan Berlatih Bela Diri -Tindak kejahatan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Tak jarang kebanyakan korban kejahatan adalah wanita. Bagi anda kaum wanita, tak ada salahnya untuk melindungi diri sendiri dari ancaman kejahatan.
Bela diri identik dengan gerakan tendangan dan memukul, terkesan penuh kekerasan sehingga banyak yang berpikir jika olahraga bidang ini hanya cocok untuk dilakukan oleh kaum laki-laki. Faktanya bela diri yang terdiri dari berbagai jenis ini bisa dilakukan oleh siapapun tanpa memandang jenis kelamin.

Baca juga: Reza Arap Kembali ke Youtube dengan Project Besar

Coba lihat penyumbang medali emasi pertama Indonesia di laga Asian Games 2018. Itu berasal dari cabang taekwondo, atlet perempuan bernama Defia Rosmaniar, dalam kategori pomsae (peragaan jurus). Menyusul kemudian Lindswell dari cabang Wushu.

Kamu tau mengapa wanita disarankan untuk berlatih bela diri? ini dia beberapa alasannya.

  1. belajar melindungi diri sendiri

Jangan selalu memandang olahraga yang satu ini sebagai latihan yang penuh kekerasan dan kesakitan. Seperti namanya, bela diri, olahraga ini mengajarkanmu teknik untuk melindungi dirimu sendiri dari berbagai serangan yang nggak terduga. Gerakan memukul, menendang, bahkan membanting lawan itu dapat kamu gunakan pada situasi darurat.

Baca juga: Burberry Rumah Mode Ternama Paling Berkelanjutan

Ketika ada orang asing mengganggumu sedikit saja, kamu tahu gerakan yang harus dilakukan untuk membuatnya jadi nggak berkutik. Karena tahu cara melindungi diri sendiri, akan timbul rasa aman ke mana pun dan di mana pun kamu berada.

  1. Membangun rasa percaya diri

Ketika berlatih secara rutin dan memiliki perkembangan yang baik, kamu akan menumbuhkan rasa percaya diri sebagai seorang petarung. Namun bukan berarti maksudnya kamu dapat mengajak orang untuk berantem denganmu! Melainkan kepercayaan diri untuk tampil berani dan nggak ragu di mana pun berada, baik di arena sparing atau di lingkungan sosial. Belajar bela diri juga dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosialmu karena sesi latihan selalu melibatkan pelatih dan rekan-rekan lainnya.

Baca juga: Big Bad Wolf Mengembalikan Hobi Membaca Buku Ke Dalam Kehidupan Sehari-Hari

  1. Membantu membentuk tubuh

Berlatih bela diri membuatmu membentuk otot menjadi lebih kencang, yang berdampak pada perubahan bentuk tubuh. Tahu nggak, satu kali sesi Muay Thai dapat membakar hingga 1000 kalori? Nggak hanya mengajarkanmu melindungi diri sendiri, kamu pun mendapat tambahan manfaat bentuk tubuh yang bugar dan ideal!

  1. Membangun pertemanan baru

Seperti sebelumnya disebutkan, berlatih bela diri membantu meningkatkan kemampuan interaksi sosialmu. Karena, ada banyak orang yang juga berlatih denganmu, dan kamu perlu membangun komunikasi dengan mereka untuk melakukan latihan yang benar. Semakin sering berlatih, semakin besar kesempatanmu untuk mengenal banyak orang dan menjadi dekat dengan mereka.

  1. Membantumu menjadi pribadi yang lebih bahagia
bela diri

Sesi latihan bela diri yang intens akan meningkatkan produksi hormon endorfin, yang kemudian membuatmu merasa lebih bahagia setelah menyelesaikan aktivitas itu. Well, siapa yang nggak merasa senang ketika tubuh merasa lebih bugar, bentuk tubuh semakin ideal, dan nggak merasa takut karena belajar teknik perlindungan diri yang bermanfaat di saat genting?

Ada banyak jenis bela diri yang bisa kamu tekuni, mulai dari yang berasal dari negara luar maupun yang berasal dari daerahmu sendiri. Ikuti yang sesuai dengan keinginan dan kemampuanmu. Jangan ragu, sobat. Ada banyak manfaat kesehatan fisik dan jiwa yang bisa kamu dapatkan dari berlatih bela diri!

loading...