Bunga Edelweis, Si cantik yang dilindungi undang-undang

0
303
Bunga Edelweis
Source : https://google.co.id/

Bunga Edelweis, Si cantik yang dilindungi undang-undang – Bunga cantik yang sering kali menjadi daya tarik tersendiri bagi pendaki gunung khususnya di indonesia. Bunga Edelweis di dataran eropa berbeda dengan di indonesia, edelweis juga dikenal dengan nama Javanese edelweis atau edelweis jawa. Bunga ini merupakan tumbuhan endemik yang hanya dapat tumbpuh di daerah pegunungan. Ada beberapa gunung di indonesia yang terkenal dengan keindahan bunga Edelweisnya, antara lain Gunung Gede, gunung Rinjani dan gunung Merbabu.

Bunga Edelweis
Source :
https://google.co.id/

Ciri umum dari bunga ini adalah kelopak bunga berwarna putih dan biasanya mekar pada kurun waktu bulan April-Agustus. Bunga ini juga sering disebut bunga abadi karena keindahannya yang tak mudah layu. Namun, karena keindahannya yang tak mudah layu justru membuatnya terancam punah. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang ingin membawa pulang keindahannya yang tak mudah layu sebagai ‘oleh-oleh’. tetapi berbeda dengan Bunga Edelweis di Gunung Bromo yang biasa dijual kepada pengunjung karena Bunga Edelweis yang dijual merupakan hasil dari budidaya dari penjual itu sendiri.

Dan perlu diketahui bahwa bunga ini telah dilindungi oleh undang-undang. Dan setiap tempat pendakian telah terpasang aturan untuk tidak memetik, mencabut atau membawa turun bunga Edelweis ini. Selain melanggar kode etik pendakian gunung, pendaki yang tidak mentaati peraturan tersebut bisa terancam hukuman sesuai Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem pasal 33 ayat 1.

Baru-baru akun instagram Taman Nasional Gunung Merbabu mempublikasi video seorang pendaki yang ditegur oleh petugas karena telah memetik bunga Edelweis. Tentunya pelaku juga diberi efek jera oleh petugas dengan melakukan bersih sampah dan namanya telah di Blacklist di pendakian gunung Merbabu.

Oleh karena itu, kita juga harus turut serta menjaga lingkungan dan kekayaan sumber daya hayati yang telah kita miliki agar anak cucu kita nanti dapat menikmati keindahannya secara nyata dan tak sekedar cerita.

“Jangan ambil apapun selain gambar, Jangan bakar apapun selain semangat, dan jangan tinggalkan apapun selain jejak”

Baca juga :

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.