Karena Menjadi Cantik Tak Melulu Soal Make Up

0
364
make up, natural, no make up
Sumber http://kilatnews.com/2016/09/27/ternyata-pria-lebih-suka/

Wanita mana yang saat ini tidak mengenal alat-alat kosmetik? Sepertinya hampir semua anak gadis mengenalnya. Bahkan, dalam beberapa tradisi di masyarakat, sejak usia anak-anak, seorang anak perempuan sering dirias sedemikian rupa untuk merayakan festival atau peringatan tertentu. Misalnya saja, saat memperingati Hari Kartini, biasanya anak-anak akan mengikuti festival dengan menggunakan make up lengkap dengan kebaya atau baju-baju adat.

Sejak usia belia, tradisi masyarakat khususnya di Jawa telah menanamkan nilai-nilai gender tersebut. Sehingga, tak heran jika ketika sudah menginjak usia dewasa, seorang anak gadis dituntut untuk dapat merias diri atau wajah. Bahkan, beberapa filosofi Jawa menyebutkan bahwa seorang perempuan memiliki tugas masak (memasak), macak (berdandan), dan manak (melahirkan).

Namun, bagi kamu yang hingga saat ini merasa percaya diri tanpa hiasan make up di wajah, jangan khawatir! Karena ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan meskipun tampil secara natural atau minim make up. Yuk simak ulasannya.

Menghemat uang

Ya, tentu saja karena harga alat rias cukup mahal, bukan? Coba kita pikirkan apa yang bisa dilakukan dengan, misalnya 150 ribu di dompet? Ya, kamu bisa pergunakan uang itu untuk makan, membeli buku atau melakukan hal-hal penting lainnya.

Kebanyakan dari kita memang tak jarang menghabiskan uang hingga ratusan ribu per bulan demi membeli brand-brand kosmetik terbaru yang pada akhirnya hanya dipakai sesekali untuk acara tertentu saja. Maka itu, upayakan untuk membeli kebutuhan make up yang diperlukan saja. Bahkan, dengan make up yang tak berlebihan, kita bisa berhemat lebih banyak uang bukan?

Kulit bisa bebas bernapas

Kulit wajah kita tentu akan lebih sehat tanpa make up. Seperti kita tahu, alat-alat make up yang kita gunakan menggunakan beberapa bahan kimia yang tentu saja tidak selamanya baik bagi kesehatan kulit. Tak hanya itu, kulit kita juga akan lebih bebas bernapas yang akan meningkatkan kompleksi pada kulit.

Bebas tertawa atau menitikkan air mata

Saat berada pada momentum tertentu, terkadang kita bisa tertawa lepas atau tak sengaja menitikkan air mata, nah, tanpa make up berlebih, kita tak perlu khawatir hal itu akan merusak riasan di wajah? Selain itu, kita juga tak perlu harus bolak balik bercermin untuk melihat apakah ada yang salah dengan riasan di wajah.

Berhemat waktu

Ya, bukan saja bisa menghemat uang tapi juga waktu, terlebih jika kita begitu sibuk. Semakin banyak menuntut terhadap kesempurnaan wajah, tentu akan semakin banyak pula waktu yang harus kita alokasikan untuk berias.

Sebaliknya, kita bisa melakukan strategi quick make up yang terdiri dari pemakaian rias sederhana dan utama, seperti foundation, bedak, lipstik, atau pensil alis jika diperlukan.

Pujian untuk kecantikan alami kalian

Ketika banyak orang memuji kecantikan kita, hanya dengan riasan sederhana, tentu kamu pun akan semakin percaya diri bahwa kamu memang layak dipuji bahkan tanpa riasan berlebih sekalipun. Kamu pun akan meyakini bahwa kecantikan alami lebih utama dibanding cantik dalam balutan make up tebal.

Tak khawatir alergi

Bagi wanita berkulit sensitif, alergi terhadap produk kecantikan tertentu bisa sangat menganggu. Kulit menjadi ruam kemerahan dan gatal bahkan tak jarang juga terasa panas terbakar. Karena itu, tampil alami tanpa make up tentu akan sangat menolong, tak peru khawatir lagi deh.

Nothing to lose

Pernahkah anda melihat ada seorang wanita yang enggan menunaikan ibadah hanya karena takut make up-nya luntur karena air wudhu? Atau kamu sendiri pernah merasa seperti itu?

Ya, make up yang terlalu sempurna terkadang bisa menjauhkan kita dari ibadah, takut kena sinar matahari, atau angin. Hari-harimu hanya dipenuhi ketakutan ini dan itu. Tanpa make up berlebih, tentu kamu akan merasa lebih bebas dan nothing to lose bukan?

Demikianlah manfaat tampil alami tanpa make up, menyenangkan bukan? Sebenarnya sah-sah saja untuk menggunakan make up, asalkan digunakan seperlunya saja dan dalam batas wajar. Apalagi jika ditujukan sebagai perlindungan kulit atau menunjang rasa percaya diri. Karena dalam dunia karir, dalam beberapa kasus, seorang wanita memang dituntut untuk memiliki penampilan yang ‘sopan’ di mana menggunakan make up menjadi salah satu aspek penilaiannya.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.