Kulit Wajah Bermasalah? Lakukan 3 Hal Ini agar Kulit Tetap Sehat

0
110

Kulit wajah bermasalah adalah hal yang tak diinginkan oleh banyak orang. Mulai dari kulit kusam, kering hingga berjerawat. Oleh karena itu, melakukan perawatan wajah merupakan kewajiban agar terhindar dari masalah tersebut.

Melakukan perawatan wajah sebenarnya susah-susah gampang. Semua kembali kepada Sahabat Pagi sendiri. Anda harus memahami dasar-dasar merawat kulit wajah. Tak hanya itu, perawatan wajah sehari-hari berikut dapat mencegah masalah kulit wajah Anda. Apa sajakah?

Mencuci Wajah dengan Benar

Rajin mencuci wajah adalah hal yang wajib Anda lakukan. Mencuci wajah diwajibkan minimal sehari 2 kali. Namun, tahukah Anda  jika rajin mencuci wajah saja belum tentu terhindar dari masalah kulit?

Selain rutin mencuci wajah, melakukan dengan benar adalah keharusan. Mencuci wajah dengan cara yang salah dapat mengakibatkan kulit kusam dan berminyak.

Bagaimana mencuci wajah yang benar?

Jika Anda menggunakan make-up, bersihkan make-up yang Anda gunakan terlebih dahulu dengan milk cleanser. Kemudian cuci wajah dengan facial wash favorit Anda. Anda bisa memilih facial wash yang memiliki kandungan tea tree, excract aloe vera serta collagen untuk membantu kulit Anda lembap dan segar.

Tak perlu digosok kasar dengan handuk saat selesai mencuci muka. Keringkan wajah dengan cara ditepuk lembut dengan handuk. Jika dilakukan secara berlebihan, hal tersebut akan mendorong kulit memproduksi sebum berlebih.

Jangan lupa selalu menggunakan pelembap serta sunscreen. Penggunaan sunscreen ini dapat membantu Anda mengurangi paparan sinar matahari yang dapat sebabkan wajah cepat keriput dan muncul bintik-bintik hitam.

Baca Juga: 4 Perawatan Wajah Agar Tetap Bersih Bersinar

Kelola Stres

Stres menjadi salah satu penyebab kulit tidak sehat. Kulit bisa menjadi lebih sensitif hingga malah kulit lainnya. Hal ini terjadi karena stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol yang dapat membuat kulit berminyak. Kelola stres Anda dengan melakukan olahraga secara teratur. Tak perlu olahraga berat. Anda bisa melakukan Yoga, meditasi atau jalan santai.

Selalu perhatikan asupan air putih Anda tiap harinya. Teratur konsumsi air putih 8 gelas sehari dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan membantu redakan stres.

Menjaga Kebersihan

Seringkali kita lupa, menyentuh wajah tanpa tahu apa yang baru saja dilakukan. Menyentuh wajah dengan tangan bisa membuat kuman di tangan berpindah ke wajah. Hal ini berakibat masalah wajah semakin serius.

Selain itu, rajinlah ganti sarung bantal Sahabat Pagi. Sarung bantal yang jarang diganti dapat membuat masalah kulit wajah Anda semakin parah. Tumpukan kotoran, minyak serta keringat dari rambut dapat berpindah ke kulit wajah. Ada baiknya jika ganti cuci sarung bantal tiap seminggu sekali.

Apalagi saat pandemi saat ini Sahabat Pagi. Jangan lupa selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihan. Tak hanya wajah, tubuh kita juga perlu dijaga.

loading...