Memilih Garam Diet Untuk Konsumsi Sehari-Hari

0
172

Garam memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti menjaga keseimbangan elektrolit, menjaga tekanan darah, menjaga fungsi otot dan saraf, dan masih banyak lagi. Namun garam juga bisa jadi berbahaya jika di konsumsi secara berlebihan setiap hari dalam jangka waktu yang lama. Beberapa masalah kesehatan yang diakibatkan seperti hipertensi, obesitas, stroke, serangan jantung, dll. Selain membatasi asupan garam harian, sangat dianjurkan untuk memilih garam rendah sodium.

Garam diet membantu pola hidup sehat

Sebenarnya, penerapan pola hidup sehat dan seimbang tidak hanya berlaku untuk orang-orang yang mengalami obesitas atau masalah kesehatan tertentu saja. Bagi yang sehat pun tetap perlu menerapkannya untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat. Selain menjaga asupan makanan yang bergizi dan seimbang, sangat dianjurkan untuk membatasi asupan natrium/sodium ke dalam tubuh. Caranya bisa dengan mengurangi makan-makanan asin dan junk food serta memilih garam rendah natrium seperti garam lososa atau low sodium salt.

Kandungan garam dalam makanan

Satu alasan yang paling utama mengapa garam tidak terlepas dalam keseharian ialah manfaatnya yang bisa membuat makanan terasa lebih lezat dan gurih. Tanpa garam, makanan apapun terasa lebih hambar sehingga membuat kita jadi tidak begitu berselera. Kita ambil saja contoh makanan ringan, makanan kemasan, dan makanan cepat saji. Kelebihan dari makanan-makanan tersebut ialah garamnya. Ya, karena kandungan garam didalamnya memang sangat tinggi, jauh melebihi apa yang tubuh kita butuhkan.

Baca Juga: Kelebihan Garam Lososa Dalam menjaga Kesehatan Tubuh

Akibatnya, tubuh semakin tidak peka dalam memberikan sinyal untuk berhenti makan. Sehingga kita ingin terus menerus makan tanpa henti. Ketika makan makanan asin atau dengan kandungan garam tinggi, tubuh kita juga terus menerus merasa haus. Akibatnya terjadi retensi atau penumpukan cairan di dalam tubuh yang bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan salah satunya obesitas. Itulah mengapa lebih dianjurkan untuk memilih garam diet rendah sodium.

Menerapkan diet garam

Diet garam bisa kita terapkan dalam keseharian dengan cukup mudah sebenarnya. Kita tidak perlu membatasi berapa kali harus makan dalam sehari. Selama semuanya masih dalam batas wajar dan seimbang maka kita bisa mengonsumsi apapun yang diinginkan. Hanya saja perhatikan asupan gula dan garam supaya tidak berlebihan. Serta selalu mengimbangi dengan asupan buah dan sayur. Untuk konsumsi garam, dianjurkan untuk tidak lebih dari 5 gram atau setara dengan 1 sendok teh atau 2000mg per hari. Mengontrol asupan garam lebih mudah saat dirumah namun lebih menantang saat makan diluar. Maka, dianjurkan untuk memilih garam diet yang rendah natrium. Dibandingkan dengan garam dapur biasa, garam rendah natrium seperti garam lososa memiliki kandungan natrium 40 persen lebih rendah. Sehingga lebih aman digunakan untuk konsumsi sehari-hari untuk mencegah asupan garam berlebih pada tubuh

loading...