Cara Menyimpan Daging Qurban Yang Tepat Agar Tahan Lama

0
46
Interiors, Steaks, Desserts and Exteriors 160212

Tentu berkenaan dengan perayaan Hari Raya Idul Adha sehari yang lalu, membuat rumah kalian dipenuhi dengan kiriman dagin qurban bagi sapi atau kambing yang telah kalian sumbangkan. Jumlahnya yang bisa dibilang cukup banyak pun terkadang sampai membuat kita memutar otak mengenai cara penyimapanannya. Bahkan terkadang kulkas sampai penuh karena daging qurban yang membludak.

Nah, karena tidak akan dikonsumsi sekaligus dalam sehari, tentu kalian harus memahami cara-cara yang tepat dalam menyimpan daging qurban agar tetap bisa dikonsumsi hingga beberapa bulan ke depan. Apabila kalian salah menyimpannya, tentu daging berkilo-kilo tersebut bisa naas membusuk di dalam kulkas. Tentu kalian tidak mau hal tersebut terjadi, kan?

Simak langkah-langkah berikut agar daging qurban kalian bisa bertahan dalam kualitas baik meski berbulan-bulan lamanya:

Jangan Mencuci Daging Qurban

Tentu aktivitas satu ini paling gemar dilakukan oleh para ibu yang menganggap daging ini tidak higienis. Padahal, dengan mencuci daging sebelum disimpan di dalam kulkas malah menjadikan petaka bagi daging tersebut. Banyak hal buruk yang bisa terjadi, salah satunya adalah tumbuhnya bakteri yang bisa menjadikan daging cepat rusak. Jadi, kalian bisa mencuci daging tersebut, sesaat sebelum kalian memasaknya.

Potong Kecil-Kecil

Biasanya, daging yang diantarkan ke rumah masing-masing saat proses penyembelihan selesai masih berupa daging utuh dengan potongan yang besar. Maka dari itu, akan lebih baik untuk menyimpan daging-daging anda dalam potongan kecil, misalnya setengah kilo, atau satu kilo. Kemudian simpan dalam plastik-plastik makanan yang terpisah.

Sesuaikan Suhu Daging

Setelah dikemas rapi dalam plastic kecil-kecil, kalian jangan terlalu tergesa-gesa untuk menyusun daging-daging tersebut ke dalam freezer. Perubahan suhu mendadak tentu tidak baik bagi daging tersebut. Agar, daging qurban tidak mengalami perubahan suhu mendadak, kalian bisa meletakkan daging di pendingin selama empat sampai lima jam, baru kemudian dipindahkan ke dalam freezer.

Dengan cara-cara berikut, tentu daging kalian akan tetap aman dikonsumsi hingga beberapa bulan ke depan. Sekarang, kalian tidak harus melulu menghabiskan daging-daging tersebut dalam jangka waktu yang cepat, kan?

Baca artikel inspiratif lainnya:

5 Olahan Daging Qurban Yang Anti Mainstream

loading...