Inilah Dampak Buruk Keramas Setiap Hari

0
41
keramas, mencuci rambut

Para wanita yang ingin memiliki rambut sempurna akan melakukan apapun untuk membuat rambutnya tampak berkilau dan bersih, bahkan membersihkan rambut setiap hari. Namun faktanya, mencuci rambut setiap hari tidak baik untuk minyak alami yang ada pada kulit kepala.

Selain itu, penggunaan shampo yang terlalu sering  tidak baik untuk kulit kepala karena mengandung banyak bahan kimia yang menjadi salah satu penyebab rambut rontok dan ketombe yang berlebihan.

Menurut penelitian, mencuci rambut setiap hari dengan air biasa diyakini akan menyebabkan kerusakan pada akar sehingga  rambut pun akan menjadi kasar karena sering terkena air dan bahan kimia dari shampo.

Nah, pertanyaannya sekarang seberapa sering kamu mencuci rambut? Untuk mengetahui alasan lain dari masalah yang akan ditimbulkan saat kamu membersihkan rambut setiap hari, yuk simak ulasan berikut.

1. Menghilangkan Minyak Alami

Memang benar bahwa keramas setiap hari akan merusak dan menghilangkan minyak pada rambut. Minyak alami pada rambut berperan sebagai kunci untuk membuat rambut tampak sehat dan bersinar. Jadi, jika Anda ingin punya rambut sehat dan berkilau, disarankan untuk tidak mencuci rambut setiap hari.

Cucilah rambut setiap dua atau tiga hari sekali. Kecuali jika kamu habis melakukan kegiatan di luar ruangan yang membuat rambut jadi lepek dan berdebu, silakan mencuci rambut untuk menghindari timbulnya ketombe di kulit kepala.

2. Bentuk Rambut Yang Lebih Baik

Umumnya, setiap wanita yang selesai keramas, mengeringan rambut dengan hair dryer dan membentuk rambut dengan alat catok, blower atau lain-lainnya. Nah, sekarang kamu tidak perlu menggunakan alat untuk membuat rambut terlihat cantik dengan bentuk yang indah. Mengurangi jadwal keramas akan membuat bentuk rambut jadi lebih indah dan teratur.

3. Menjaga Warna Rambut

Untuk tetap menjaga warna kemialu dari rambut kamu, cukup kurangi keramas atau membersihkan rambut setiap hari. Rambut memiliki lapisan kutikula disetiap helainya yang melindungi warna rambut. Proses keramas yang terlalu sering membuat lapisan kutikula terkelupas. Kutikula yang terbuka akan menyebabkan warna rambut jadi pudar, kusam dan tidak cantik lagi. Apalagi untuk rambut yang diwarnai, terlalu sering keramas bisa cepat memudarkan warna rambut.

4. Memicu Masalah Rambut

Salah satu alasan Anda tidak harus mencuci rambut setiap hari adalah penggunaan bahan kimia yang berlebihan akan membuat rambut lebih mudah terkena masalah rambut seperti ketombe atau rambut rontok. Hal ini bisa terjadi karena rambut yang basah memiliki sifat yang lebih sensitive dan rapuh terutama pada akarnya. Inilah yang membuat rambut yang sering dikeramas menjadi mudah sekali rontok.

Jadi, jika Anda sering mengalami masalah rambut tersebut, pikirkan kembali untuk membersihkan rambut setiap hari untuk tetap membuatnya menjadi sehat dan cantik.

Demikian beberapa efek samping mencuci rambut setiap hari yang akan membuat rambut Anda jauh dari kondisi sehat. Jadi, untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat, atur kembali jadwal keramas Anda. Mencuci rambut 2- 3 kali sehari akan lebih baik dibanding membersihkannya setiap hari.

Selain itu, kurangi penggunaan sampo atau bahan kimia agar rambut tetap sehat hingga ujung sampai akar. Banyak wanita yang kemudian beralih menggunakan bahan alami ataupun sampo herbal. Anda bisa mempertimbangkan hal ini juga.

Semoga bermanfaat ya sahabat inspirasipagi!

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here