Mengenal Tren Fashion Minimalis

0
159
style minimalis

Sudah bukan rahasia lagi jika dalam dunia fashion, segala sesuatu bisa menjadi lumrah. Termasuk tren yang satu ini. Ya, fashion minimalis bukan hanya sekadar memakai pakaian yang sama setiap hari, melainkan juga menjadi kreatif dengan hal itu. Banyak tokoh dunia sudah mulai menerapkan tren ini secara diam-diam di keseharian mereka. Sebut saja pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, maupun mendiang Steve Jobs, sang pendiri Apple. Bila diperhatikan, mereka memiliki style uniform masing-masing yang secara sadar maupun tidak, justru menjadi trademark diri mereka sendiri. Jadi, bagaimana sih sebenarnya tren fashion minimalis itu? Dan apa hubungannya dengan style uniform yang dimiliki oleh beberapa tokoh dunia tadi? Mari kita bahas.

Baca juga: Tetap Tampil Stylish ala Fashion 90-an yang Hidup Kembali

Fashion Minimalis

Dunia mode yang selalu update dengan apa yang sedang viral menjadikan beberapa style tidak bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Hal ini lebih kita kenal dengan tren fashion cepat, dimana suatu model pakaian tertentu yang mulanya banyak diikuti, tiba-tiba meredup bahkan menghilang, lalu dengan cepat digantikan oleh sesuatu yang baru. Inilah yang menjadi dasar tren fashion minimalis bisa tercipta. Tren ini adalah tentang memiliki pakaian seperlunya, atau  bahkan lebih sedikit lebih baik. Ini berhungan dengan beberapa anggapan yang menyatakan, waktu kita di pagi hari akan jauh lebih produktif jika tidak dihabiskan di depan lemari untuk sekedar memilih pakaian yang digunakan pada hari tersebut. Memang klaim ini sudah dibuktikan oleh banyak orang, tapi yang lain juga masih meragukan keabsahannya. Jika Anda penasaran, sangat dianjurkan untuk mengujinya sendiri.

Lalu muncul sebuah pertanyaan, “apakah mungkin memakai baju yang sama setiap hari?”. Jawabannya adalah mungkin bisa dan mungkin tidak, tergantung bagaimana cara Anda mengeksekusi hal tersebut. Setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam menjalankan tren fashion minimalis. Ada yang mampu bertahan hanya dengan 80 potong pakaian, ada juga yang lebih banyak, maupun lebih sedikit. Semua tidak perlu disamaratakan karena fashion memang lumrahnya adalah soal kebebasan.

Style Uniform

Mudahnya, style uniform adalah sebuah style yang menjadi ciri khas dan menandai “Ini Saya”. Gaya berbusana sehari-hari dimana karakter dan gaya hidup Anda menjadi penentu di dalamnya. Tidak hanya itu, tapi juga ada unsur fungsionalitas, dan tak lupa harus tetap memiliki seni estetika.

Baca juga: Aplikasi Wajib Download Bagi Para Pecinta Fashion

Seperti apa style uniform itu?

Sekali lagi jawabannya berbeda-beda setiap orang. Karena karakteristik dan gaya hidup dikaitkan ke dalamnya, maka ada kalanya seseorang menganggap sebuah sweater adalah style on the go yang paling nyaman dan lumrah untuk beragam aktivitas. Tapi, bisa saja justru yang lainnya menganggap sebuah dress warna pastel adalah pakaian ternyaman yang lumrah baginya. Anda hanya harus mencoba mengerti diri sendiri dan menemukan style uniform seperti apa yang benar-benar mencerminkan Anda.

Style uniform adalah pengerucutan dari fashion minimalis. Dengan belajar perlahan dan mengetahui apa yang penting dan benar-benar Anda butuhkan, bukan tidak mungkin akan menyelamatkan banyak hal dalam hidup Anda. Uang, tenaga, dan pastinya waktu. Tertarik untuk mencoba?

loading...