Donor darah, ini manfaatnya!

0
154
donor darah

Donor darah, ini manfaatnya! – Donor darah merupakan salah satu kegiatan positif yang bisa kita lakukan, karena kita akan memberikan sedikit darah dari dalam tubuh sekitar 480 ml darah agar dapat dimanfaatkan guna membantu orang lain yang sedang membutuhkan pertolongan darah. Namun, ada manfaat dibalik kegiatan donor darah yang mana akan menyehatkan tubuh kita setelah mendonorkan darah. Apa saja manfaat dari donor darah? Berikut penjelasannya.

Manfaat Donor Darah

Menjaga kesehatan jantung

Apabila kita rutin mendonorkan darah, akan membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Satu penelitian menunjukkan bahwa rutin mendonorkan darah mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%. Penyebab penyakit jantung yakni tingginya kandungan zat besi dalam darah. Namun, rutin menjalankan donor darah membuat kadar zat besi dalam darah menjadi stabil.

Meningkatkan produksi sel darah merah

donor darah
Sel Darah Merah | Source : https://www.google.co.id/

Setelah donor darah, sel darah merah dalam tubuh akan berkurang. Sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang. Tubuh pun juga mampu meregenerasi sel-sel darah merah yang hilang setelah kita mendonorkan darah. Sederhananya, dengan rajin mendonorkan darah maka tubuh kita akan menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

Cek kesehatan

Setiap kali melakukan donor darah pastinya kita harus melewati tahap pengecekan suhu tubuh, tekanan darah, nadi dan kadar hemoglobin dalam darah. Setelah donor darah selesai dilakukan, darah kita akan dikirim ke laboratorium untuk diperiksa. Apabila terdapat kesalahan dalam darah kita, maka petugas akan segera memberitahu hasil dari cek darah tersebut.

Membantu menyelamatkan nyawa orang lain

Darah yang telah kita donorkan akan digunakan untuk pasien yang membutuhkan darah. Biasanya pasien-pasien ini membutuhkan bantuan darah karena kecelakaan, pasien operasi besar, penderita kanker atau kelainan darah. Oleh karena itu darah yang telah kita donorkan dapat segera digunakan untuk membantu kondisi darurat medis tersebut.

Ternyata selain menyehatkan, dengan mendonorkan darah kita juga bisa membantu orang lain. Berminat untuk mendonorkan darah?

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.