Kelebihan Garam Lososa Dalam menjaga Kesehatan Tubuh

0
204

Sehat itu tidak mahal karena yang mahal adalah saat kita sakit. Biaya yang kita keluarkan untuk berobat bisa membengkak. Itulah mengapa dianjurkan mencegah daripada mengobati. Menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat tidak mahal. Kita bisa melakukannya dengan memanfaatkan apa yang ada di sekeliling kita. Salah satu elemen penting yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh ialah natrium, dimana kandungan mineral ini terdapat salah satunya pada garam.

Manfaat garam dalam keseharian

Garam yang mengandung natrium, mineral penting yang dibutuhkan tubuh memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari termasuk garam lososa. Salah satu fungsi yang utama ialah untuk menambah cita rasa pada makanan. Garam dapat menimbulkan rasa lezat, asin, dan gurih yang membuat nafsu makan semakin bertambah.

Natrium pada garam sendiri memang bermanfaat bagi tubuh kita untuk menjaga fungsi otot dan saraf, kesimbangan cairan, serta tekanan darah. Kekurangan natrium dalam tubuh bisa menimbulkan risiko berbagai penyakit. Sehingga memang tidak dianjurkan untuk kita memangkas kebutuhan tubuh akan natrium.

Baca Juga: Manfaat garam lososa untuk tubuh

Bahaya garam

Garam seperti pedang bermata dua. Di satu sisi, ia memberikan manfaat bagi tubuh agar tetap berfungsi dengan baik. Namun di sisi lain, konsumsi berlebihan juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang berbahaya. Beberapa penyakit yang bisa disebabkan oleh konsumsi garam berlebih ialah hipertensi, stroke, kanker, serangan jantung, obesitas, dll.

Maka, dianjurkan untuk konsumsi garam secara seimbang dan sesuai dengan yang dianjurkan. Konsumsi natrium yang dianjurkan ialah tidak lebih dari 2000mg per hari atau setara dengan satu sendok teh atau 5gram. Dianjurkan pula untuk memilih garam sehat seperti garam lososa yang kandungan natriumnya 40 persen lebih rendah dibanding garam lainnya.

Kelebihan garam sehat lososa

Garam dengan kandungan natrium yang lebih rendah seperti garam lososa ini atau low sodium salt bisa mencegah terjadinya kelebihan kadar garam di dalam darah.Pada 1.2 gram lososa hanya terkandung  sekitar 290 mg natrium, 43.9 ppm iodium, dan 240 mg kalium. Sehingga lebih aman untuk di konsumsi untuk sehari-hari misalnya untuk membumbui masakan yang kita buat di rumah.

Kelebihan lainnya dari lososa ini ialah rasanya yang tidak berbeda dengan garam biasa. Bukan berarti kandungan sodium yang lebih rendah membuat lososa menjadi kurang dalam menggugah cita rasa pada makanan. Rasa yang dihasilkan dengan menambahkan garam sehat ini sama saja dan kita masih tetap bisa merasakan cita rasa asin, gurih, dan lezat.

Garam lososa merupakan salah satu rekomendasi garam sehat yang bisa di konsumsi sehari-hari dengan lebih aman karena kandungan natriumnya yang lebih rendah sehingga bisa membantu mengontrol konsumsi garam harian agar tidak berlebihan. Namun jangan lupa untuk tetap terapkan pola hidup sehat.

loading...