Mengenal Shaksouka, Hidangan Unik Ala Timur Tengah

0
149

Mungkin masih sedikit dari kalian yang mengenal hidangan yang satu ini. Saat mendengar kata hidangan Timur Tengah, mungkin yang keluar dalam pikiran kalian adalah makanan seperti Kare Kambing, Kebab, Nasi Kebuli, dan lain-lain. Maka dari itu, hidangan Shaksouka bisa menjadi alternatif makanan ala Timur Tengah kalian.

Hidangan Shaksouka ini berasal dari negara Tunisia. Namun, Shaksouka juga populer di berbagai negara di Timur Tengah seperti Palestina, Yaman, hingga Afrika Utara. Setiap negara memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri.

Namun, pake dari hidangan ini adalah telur yang dimasak dengan gaya poached egg, yang kemudian diselimuti oleh saus tomat, paprika, bawang, dan dibumbui dengan jinten. Tidak hanya itu saja, untuk menambah cita rasanya, terkadang hidangan Shaksouka juga ditambahkan dengan roti, kentang, hingga kacang-kacangan.

Shaksouka merupakan sebuah makanan pokok masyarakat Timur Tengah. Khususnya di musim dingin, shaksouka sering menjadi hidangan makan malam favorit mereka. Hidangan ini disajikan dalam sebuah penggorengan atau teflon yang panas.

Untuk membuat hidangan ini pun tidak terlalu sulit karena basically kalian hanya perlu mencampur semua bumbu dalam saus tomat yang segar dengan berbagai bumbu, dan bawang. Lalu, masukan telor ceplok di dalamnya.

Di Surabaya sendiri kalian bisa mencoba kuliner unik yang satu ini dengan datang ke cafe Blackbarn. Cafe yang terletak di Jalan Untung Suropati ini menampilkan Shaksouka sebagai salah kudapan yang bisa kalian nikmati.

Shaksouka yang dihidangkan di Blackbarn Cafe ini merupakan fusion dengan hidangan Italia. Jadi Shaksouka disini ditambahkan dengan banyak sekali keju mozarella, dan garlic bread. Jadi kita bisa menyantap hidangan ini dengan mencocol garlic bread ke dalam Shaksouka. Harga yang ditawarkan Blackbarn Cafe pun masih terjangkau, sekitar Rp 35.000 saja maka kalian bisa merasakan hidangan ala Timur Tengah ini.

Bagi para pecinta kuliner, hidangan yang satu ini sangat wajib untuk dicoba. Kelembutan poached egg dengan saus tomat segarnya akan menyatu jadi satu di dalam mulut kalian menjadi sebuah paduan cita rasa baru yang unik. Belum lagi ditambah dengan keju mozarella yang molor-molor saat kalian menyendokkan garlic bread ke dalam Shaksouka. Perluas pengetahuan kalian tentang hidangan Timur Tengah dengan mengincipi Shaksouka. Selamat mencoba!

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.