Tips Membuat Kue Kering Anti Gagal

0
226

Membuat kue kering biasanya merupakan kegiatan yang sering dijumpai saat menjelang lebaran. Semenjak PSBB (Pembatasan Sosial Skala Besar) karena covid-19 membuat kue menjadi solusi kebosanan.

Adakalanya proses pembuatan yang tampak di video mudah diikuti. Namun seringkali kesalahan kecil membuat kue tak seenak yang dibayangkan. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut tips membuat kue kering anti gagal.

Baca Juga: Pizza Tidak Selalu Bundar? Ini Variasi Bentuk Lain dari Pizza

1. Ayak Tepung

Bahan utama dalam membuat kue adalah tepung. Tetapi kadang tanpa disadari, tepung ini diolah langsung dengan bahan lain tanpa diayak.

Tahukah Sahabat Inspirasi Pagi bahwa mengayak tepung merupakan hal penting untuk kerenyahan tepung. Saat digunakan, mungkin tepung yang dipakai tampak halus. Namun nyatanya ada beberapa gumpalan kecil di tepung Anda. Inilah dapat merusak tekstur kue kering.

Selain itu, mengayak dapat membuat tepung menjadi halus dan memudahkan membuat adonan.

2. Mentega dan Gula

Seringnya mentega dan gula akan dikocok bersama saat awal pembuatan kue kering. Pastikan hasil kocokan dari kedua bahan tersebut berwarna pucat. Ini dimaksudkan agar kue kering terasa renyah.

Kebanyakan orang memasukkan bahan lain sebelum mentega dan gula tercampur menjadi satu. Alhasil kue yang dibuat tidak renyah.

Selain itu, jangan over saat mengocoknya. Jika terlalu lama mengocok juga menyebabkan kue kering tidak renyah.

3. Gunakan Mentega Dingin

Mentega tak perlu dilelehkan sebelum dikocok. Banyak orang sering melelehkan mentega dengan anggapan dapat tercampur dengan bahan lain. Namun, mentega cair dapat membuat kue tidak renyah.

Baca Juga: Kreasi Kentang yang Pas Buat Menu Makananmu

4. Jangan Simpan di Lemari Es

Kue yang sudah jadi harus disimpan dalam toples yang kedap udara. Akan tetapi masih banyak pula orang beranggapan untuk menyimpannya di lemari es. Lagi-lagi dengan alasan agar kerenyahan terjaga. Padahal menyimpan di lemari es justru menyerap kelembaban.

5. Oleskan Kuning telur saat Setengah Matang

Jika Anda berniat untuk membuat kastengel atau nastar, jangan lupa oleskan kuning telur saat setengah matang. Hal ini agar mempercantik kue yang Anda buat.
Jika Anda mengoleskan di awal,  maka saat matang lapisan luar akan gosong.

Bagaimana Sahabat Inspirasi Pagi, siap untuk mencoba membuat kue kering lagi? 

loading...