Tips Lancar Menjalani Menstruasi. Hindari Hal Berikut Ini!

0
237
Women have abdominal pain because of menstruation lying in couch and holding her stomach.

Setiap sebulan sekali, seorang wanita akan kedatangan tamu yang tak jarang menyakitkan di awal kedatangannya. Menstruasi adalah tamu bulanan yang wajib disikapi secara bijaksana. Terlepas dari rasa nyeri serta tak nyaman yang ikut serta di dalamnya. Mulai dari sering ganti pembalut, menghindari kafein, dan saran-saran lainnya yang lebih baik diresapi dan diikuti agar masa menstruasi akan aman sentosa dalam prosesnya. Eits, ternyata ada beberapa hal lain yang Sahabat Pagi hindari saat sedang menstruasi, tapi kita tanpa sadar melakukannya tanpa menyadari efek yang ditimbulkan. Waduh, apa saja ya?

Makananan asin

Siapa sih yang menyangkal kalau ngemil jajanan asin itu memang nikmat yang tak terbantahkan? Tapi sedihnya, makanan asin justru tidak baik untuk Sahabat Pagi yang sedang menstruasi. Makanan asin bisa memperparah nyeri saat menstruasi, meningkatkan tekanan darah, dan membuat perut kembung. Untuk itu, mari tahan dulu keinginan untuk makan keripik kentang favorit dan sebagai gantinya, kamu bisa mengkonsumsi salah buah atau sayur yang tentunya tidak kalah lezat.

Baca Juga: Detoks Tubuh dengan Infused Water

Produk susu

Setelah kafein, makanan asin, eh produk susu juga dilarang? Sayangnya iya, Sahabat Pagi harus tabah. Bukan hanya ‘sebaiknya’ lagi, melainkan ‘harus’ dihindari. Produk susu yang termasuk di dalamnya ada yoghurt, keju, mentega, dan susu itu sendiri, harus dipinggirkan sejenak dari daftar meal plan kamu untuk sementara. Lagi-lagi ini karena produk berbahan susu mengandung asam bernama arachidonic acid yang dapat meningkatkan rasa nyeri di area perut semakin meningkat.

Begadang

Enggak mau tahu, pokoknya pengin aja binge watching drakor sampe ayam berkokok. Sayangnya, begadang sepatutnya dihindari terlebih oleh Anda yang sedang dalam masa menstruasi. Alasan sederhananya, karena tidur itu penting. Kalau untuk alasan ilmiahnya, tidur cukup dapat mencegah meningkatnya hormon kartisol alias hormon stres yang ada dalam tubuh. Awalnya sensitif karena memang lagi menstruasi, ditambah stress meningkat juga? Kasihanilah orang-orang di sekitarmu sedikit ya!

Bercukur

Sahabat Pagi tidak salah dengar kok. Bercukur juga dilakukan oleh wanita, bukan? Demi kulit mulus, tidak jarang bercukur akan menjadi opsi menarik untuk dilakukan. Nah, bercukur ini sebaiknya dihapus dulu dari daftar to do list, jikalau saat ini Anda sedang menstruasi. Kenapa sih? Ya karena hormon estrogen wanita saat menstruasi itu sedang ada di puncak tertinggi. Ini bisa memicu sensitifitas tinggi tidak hanya dalam mood tapi juga terhadap tubuh. Rasa sakit yang dialami tubuh bisa meningkat berkali-kali lipat daripada saat Sahabat Pagi tidak datang bulan. Jadi, sudah tahu korelasi antara tidak bercukur saat menstruasi? Akan lebih baik untuk menyimpan sejenak keinginan bercukur hingga masa menstruasi kamu selesai ya.

loading...