Hindari Stress Saat Menghadapi Pekerjaan

0
82
Stress, karir, pekerjaan

Setiap orang yang bekerja, pasti sering menghadapi beban atau tekanan masalah pekerjaan. Entah itu tekanan yang berasal dari atasan, atau target pekerjaan yang harus deadline dengan jumlah pekerjaan yang cukup banyak.

Terkadang berbagai masalah tersebut hampir membuat kebanyakan orang stress. Bahkan, bisa membuat seseorang menjadi putus asa dan menyerah karena ketidakmampuannya meminimalisir beban kerja itu sendiri. Akan tetapi, hal tersebut tidak berarti bahwa anda akan terus mengalami stress karena sebuah tekanan pekerjaan.

Berikut ini beberapa tips agar Anda terhindari dari stress saat menghadapi pekerjaan yang sedang Anda lakukan.

Meminimalisir Hal yang Mengganggu Pekerjaan

Terkadang faktor stress pada kerjaan, bukan hanya beban kerja yang tinggi, akan tetapi lingkungan pekerjaan juga dapat memicu terjadinya stress. Lingkungan yang berantakan, banyaknya file – file kertas yang berserakan dapat menambah pikiran anda ketika akan melakukan pekerjaan, selain itu juga file yang penting akan mudah terbuang begitu saja jika anda tidak meraapikan tempat kerja anda. Ya, merapikan dan membersihkan tempat kerja juga bisa membuat nyaman anda pada saat mengerjakan pekerjaan anda. Tempat kerja yang rapi, setidaknya dapat membuat anda tenang. Jadi, anda harus selalu merapikan tempat atau meja kerja anda sesering mungkin, jika perlu anda bisa merubah letaknya setiap waktu agar tidak bosan.

Selain itu, anda juga harus meminimalisir gangguan seperti pemberitahuan email, jejaring sosial, maupun handphone. Usahakan ketika anda bekerja terutama saat mendekati deadline, untuk mematikan atau nonaktifkan email, handphone, ataupun media sosial lainnya di PC anda.

Atur Waktu untuk Menyelesaikan Pekerjaan

Usahakan untuk merencanakan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan anda, karena dengan membawa pekerjaan anda ke rumah saat pekerjaan belum selesai, tidak akan efisien, bahkan hanya akan mengacaukan situasi anda ketika dirumah. Atur waktu pekerjaan kantor anda, misalnya sebelum anda menyelesaikan pekerjaan kantor usahakan untuk lembur, sehingga setibanya dirumah anda tinggal istirahat tanpa perlu memikirkan masalah pekerjaan kantor lagi.

Jangan Ragu untuk Meminta Bantuan

Jika anda merasa untuk tidak menyanggupi pekerjaan anda sendirian, atau anda bingung. Maka sebaiknya anda meminta bantuan kepada rekan kerja anda yang dapat dipercaya, dan juga bisa membantu pekerjaan anda. Namun, jika anda bingung dan sekiranya rekan kerja tidak bisa membantu, maka tanyakan kepada atasan atau rekan kerja anda untuk membantu menyelesaikan proyek yang akan anda selesaikan.

Memprioritaskan Tugas yang Paling Penting

Jika ada banyak tugas yang harus anda selesaikan, sebaiknya anda memprioritaskan tugas atau proyek yang paling penting terlebih dahulu, agar beban kerja anda berkurang. Tugas yang harus anda selesaikan terlebih dulu yang mana, prioritaskan yang menurut anda lebih penting dan harus anda selesaikan, anda juga tentunya harus tahu yang mana tugas yang harus anda selesaikan terlebih dahulu. Dengan mengetahui tingkat kepentingan dan urgensi setiap tugas anda, maka pekerjaan atau tugas anda dapat terorganisir dengan baik.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.