Kabar Terkini Diabetes Mellitus

0
778
diabetes mellitus

Diabetes Mellitus merupakan salah satu penyakit kronis yang disebabkan oleh terbatasnya produksi hormon Insulin oleh kelenjar pankreas. Selain masalah dalam produktivitas, penyakit ini dapat disebabkan oleh kurang efektifnya kinerja insulin dalam memecah gula. Mirisnya, Indonesia berada di peringkat ke- 7 untuk negara dengan pasien diabetes terbanyak di dunia. Sekitar 10 juta masyarakat Indonesia mengidap diabetes mellitus, yaitu sebanyak 1,67 juta berusia di bawah 40 tahun, 4,65 juta berusia 40-59 tahun, sedangkan sisanya (2 juta) berusia 60-79 tahun.

Melihat fakta bahwa usia penderitanya semakin muda, Persada Hospital menggelar sebuah forum diskusi bagi para tenaga medis pada hari Jumat, 16 November 2018 lalu. Materi dari acara yang mengangkat tema “Diabetes Mellitus, Permasalahan dan Perkembangan Terkini” ini disampaikan langsung oleh dr. Laksmi Sasiarini, Sp. PD – KEMD. Forum ini dihadiri oleh Dokter Umum, Dokter Internship dan Perawat untuk meningkatkan pengetahuan serta refreshment terhadap diabetes mellitus. Bertempat di Srikandi Hall, lt.7 Gedung Non Paviliun Persada Hospital, forum diskusi ini membahas serba-serbi diabetes mellitus yang terjadi akhir-akhir ini,seperti:

Angka penderita diabetes mellitus diperkirakan meningkat

Total kematian akibat diabetes diproyeksikan akan meningkat lebih dari 50% dalam 10 tahun mendatang. Yang paling menonjol, peningkatan yang terjadi sebanyak lebih dari 80% di negara-negara berpenghasilan menengah ke atas. Di beberapa negara, penderita berusia muda menyumbang hampir setengah dari kasus penyakit kronis ini.

Diabetes Mellitus dapat dicegah!

Meskipun penyakit ini cukup mengerikan, namun tetap bisa dicegah. Penelitian berbasis populasi di Cina, Finlandia dan Amerika Serikat baru-baru ini menunjukkan kelayakan mencegah, atau menunda diabetes pada subjek yang kelebihan berat badan dengan intoleransi glukosa ringan .Tiga puluh menit aktivitas fisik intensitas sedang di hampir setiap hari dan diet sehat dapat secara drastis mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Diabetes merupakan penyakit kronis yang cukup serius dan dapat menyerang siapapun tanpa memandang usia, khususnya pada negara-negara yang masih berkembang dan memiliki keterbatasan dalam fasilitas kesehatan. Akan tetapi, diabetes mellitus tetap dapat dicegah dengan melakukan olahraga dan mengatur pola makan dengan baik. Selain itu, para tenaga medis juga harus paham dan memiliki kepekaan terhadap faktor, gejala dan langkah-langkah penting pencegahannya.

Artikel Serupa

Teknik Medis Terbaru Penyembuhan Batu Ginjal

Fakta Penyakit Batu Saluran Kemih

Kelas Yoga Asyik Ala Persada Hospital

 

loading...