Karya Mahasiswa Gunadama Juara di Sony Eco Shopping Bag Design Contest

0
179
Search: Google

Kompetisi Sony Eco Shopping Bag Design Contest telah resmi mengumumkan nama pemenangnya.

Desain karya mahasiswa Universitas Gunadama (Langit Diwangkara) berhasil menyingkirkan 127 desain peserta lain. Hasil karyanya akan digunakan Sony sebagai reusable shopping bag di seluruh Sony Center di Indonesia. Selain itu, Langit mendapatkan beasiswa pendidikan sebesar Rp 20.000.000.

Baca juga: Iko Uwais Ikut Andil di Film G.I. Joe Snake Eyes

Pada tanggal 2 Agustus 2019, Sony Corporation meluncurkan One Blue Ocean Project, merupakan sebuah inisiatif untuk mengurangi sampah plastik di laut. Proyek ini termasuk bagian dari Road to Zero, rencana global Sony sejak 2010 guna mencapai Zero environmental footprint di tahun 2050. Proyek dengan melibatkan masyarakat untuk mengumpukan dan membersihkan sampah dari sungai, pantai, dan tempat lainnya di seluruh dunia.

Kontes telah menyebarkannya sejak 1 Mei hingga 30 Juni lalu, Sony Indonesia mengadakan kontes ini guna membantu dan menyadarkan generasi muda terhadap pentingnya memelihara lingkungan di zaman sekarang. Pada 18 September 2019, Sony Indonesia mengumumkan pemenang kontes di kantor pusat. Acara ini dihadiri oleh Kazuteru Makiyama, Presiden Direktur PT Sony Indonesia dan Ade Mulyo, Director of Partnership WWF (World Wildlife Fund) Indonesia.

Dalam menentukan pemenangnya, terdapat empat kriteria yang menjadi acuan penilaian yang dilakukan perusahaan. Mengutamakan segi desain, kualitas, isi, hingga nilai lingkungan. Dari nilai keseluruhan tersebut, desain Langit mendapatkan nilai tertinggi diantara kontestan lainnya.

Baca juga: Mencoba Thrift Shop, Cara Lain Belanja Pakaian Tanpa Boros

Langit Diwangkara menceritakan inspirasi dibalik desain karyanya. Menurutnya setiap hari kita berada di bumi dan memanfaatkan isi yang ada. Namun, pernakah kita memirikan apa yang diinginkan bumi? Mendengarkan bumi adalah salah satu cara untuk menjaga dan melestarikan bumi. Kita bisa mulai menjaga dan melestarikan bumi dengan mengurangi penggunaan plastik.

Tiap tahunya, Sony Eco Shopping Bag Design Contest menggandeng WWF Indonesia. Komitmen yang dibangun yaitu menyumbangkan sejumlah dana per desain bagi yang lolos kriteria. Dana tersebut akan didonasikan kepada World Wide Fund (WWF) Indonesia untuk dimanfaatkan pada program Plastic Free Ocean Network di berbagai kawasan pesisir Indonesia.

loading...