4 Kebiasaan yang Membuat Produksi Kolagen Menurun

0
43
kolagen dan kebiasan buruk minum alkohol

Kolagen merupakan salah satu zat penting untuk tubuh, apalagi untuk kulit. Maka hindari segera kebiasaan buruk ini agar produksi kolagen tubuh Sahabat Pagi tak menurun.

Sebenarnya banyak sekali kebiasaan yang tanpa disadari membuat produksi kolagen di dalam tubuh semakin berkurang. Hal ini mengakibatkan kondisi kesehatan kulit pun menurun. Misalnya saja munculnya kerutan halus, kulit kusam, atau kulit sensitif.

Lalu kebiasaan buruk apa saja yang dapat menurutkan produksi kolagen dalam tubuh? Simak artikel in ya.

Sering terpapar sinar matahari

Tak hanya menyebabkan kulit kering dan kusam, jika Sahabat Pagi sering terpapar sinar matahari dapat membuat kolagen menurun. Paparan sinar UV dari matahari ini akan perlahan-lahan membuang produksi collagen dari kulit.

Sebagai pencegahan, Sahabat Pagi bisa menggunakan sunscreen  dan sunblock ketika akan pergi ke luar rumah. Tak lupa gunakan baju berlengan panjang untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Baca Juga: Manfaat Kolagen untuk Kecantikan dan Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Merokok

Merokok juga menjadi salah satu penyebab produksi kolagen menurun. Tak hanya berefek pada kondisi dalam tubuh, sering terpapar dengan asap rokok yang berlebihan pun berpengaruh.

Asap rokok yang menempel ini baik di wajah atau di kulit akan membuat kulit kusam dan kasar. Selain itu, kandungan nikotin pada rokok dapat pula menurunkan kadar collagen dalam tubuh. Maka segera berhentilah merokok.

Konsumsi minuman beralkohol

Di dalam tubuh, kolagen berkerjasama dengan antioksidan. Keduanya membantu cerahkan kulit yang kusam dan pulihkan kulit rusak. Melansir dari Halodoc, jika terlalu sering atau kecanduan minum alkohol dapar mengganggu produksi collagen ini. Kandungan alkohol yang memiliki sifat oksidasi ini akan melawan fungsi dari antioksidan. Apabila keduanya tak bisa bekerja sama, kulit akan lebih kusam, rusak, dan kasar.

Konsumsi junk food  berlebihan

Jika Sahabat Pagi adalah penggemar makanan junk food tapi ingin kulit tetap sehat. Berhenti konsumsi junk food  segera. Sering konsumsi junk food dapat mempengaruhi kandungan collagen dalam tubuh.

Makanan junk food ini merupakan produk olahan yang di dalamnya terkandung banyak gula dan karbohidrat yang tak baik untuk tubuh.

Baca Juga: Tips Mengurangi Minyak Di Wajah

Lantas bagaimana mengatasinya?

Minum Suplemen Berkolagen

Saat ini suplemen kolagen dapat Sahabat Pagi temui dengan mudah. Suplemen collagen ini biasanya tersedia berbagai bentuk, yang bisa diminum atau disuntik.

Baik yang disuntik atau diminum, keduanya sama-sama baiknya untuk tubuh. Jika Anda takut untuk disuntik, minuman kolagen bisa jadi pilihan seperti Incess Delima & Mixberry.

Dengan kandungan European Fish Collagen 6000mg dan L-Glutathione Japan 350mg serta beragam vitamin lain, Incess dapat bantu kesehatan kulit dan imun tubuh.

Selain itu, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan antioksidan dapat membantu juga.  Konsumsi sayur dan buah dengan kedua kandungan di atas diyakini bantu tingkatkan produksi kolagen.

loading...