Manfaat Kolagen untuk Kecantikan dan Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

0
235
Portrait of smiling girl with healthy skin. Cute dark-haired woman looking at camera on white background

Selama ini Sahabat Pagi pasti sering mendengar manfaat kolagen untuk kecantikan. Tak hanya kecantikan, manfaat kolagen juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kolagen sendiri termasuk sejenis protein yang memiliki peran penting dalam membangun dan mendukung banyak jaringan. Mulai dari tulang, tulang rawan, kulit, rambut, mata, serta sistem pencernaan, dan membantu pembekuan darah.

Sahabat Pagi juga menambah suplemen kolagen untuk memenuhi asupan harian. Biasanya pada suplemen kolagen ini, tak hanya kandungan kolagen saja. Anda bisa mendapatkan vitamin serta antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan.

Namun, perlu diketahui. Konsumsi suplemen kolagen juga harus dalam porsi yang wajar dan sesuai aturan. Bukan ingin kulit kenyal dan sehat, Anda konsumsi suplemen kolagen secara berlebihan.

Pada dasarnya secara alami, tubuh kita dapat memproduksi kolagen sendiri. Kemudian akan berkurang seiring bertambahnya usia.

Nah, apa saja sih manfaat kolagen untuk kecantikan maupun kesehatan?

Tingkatkan Elastisitas Kulit dan Menghaluskan Kerutan

Manfaat kolagen pertama yang tak asing bagi kebanyakan masyarakat tahu adalah mampu menghaluskan kulit. Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada Januari 2019 lalu di Journal of Drugs Dermatology, bahwa konsumsi kolagen hingga 10 gram per hari dapat meningkatkan kesehatan kulit dan elastisitas kulit.

Mengatasi Nyeri Sendi

Kolagen dinyatakan mampu menyehatkan tulang, otot, serta sendi. Itu lha mengapa mengonsumsi makanan berkolagen dipecaya mengatasi masalah nyeri sendi.

Baca Juga: Simpel, 5 Jenis Olahraga Ini Bisa Dilakukan di Rumah

Hal ini terbukti dala sebuah studi tahun 2019. Para peserta penelitian diwajibkan mengonsumsi suplemen kolagen tipe II yang terbuat dari leher ayam selama 90 hari.

Hasil membuktikan bahwa gejala osteoartritis yang dialami peserta turun hingga 40 persen. Sedangkan peserta dengan gejala osteoartritis parah dapat turun hingga 33 persen.

Osteotritis sendiri merupakan peradangan kronis yang terjadi pada sendi akibat kerusakan pada tulang rawan.

Mengurangi Selulit

Stretch mark atau sering disebut selulit ini biasanya muncul karena banyak hal. Di antaranya adalah penurunan berat badan yang drastis, perubahan hormon, serta pengaruh jumlah pada tubuh.

Sebuah studi tahun 2015 meneliti sekitas 105 wanita berusia 24 hingga 50 tahun yang mengonsumsi peptida kolagen kolagen mengakui adanya perbaikan tekstur kulit. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini

Menjaga Kesehatan Tulang

Seiring bertambahnya usia, terutama setelah menopause, kepadatan tulang pun ikut menurun. Akan tetapi, dengan konsumsi kolagen dalam jumlah yang baik dapat meringankan masalah ini.

Terdapat penelitian yang dilakukan kepada 102 wanita pasca-menopause. Para peserta yang mengkonsumi peptida kolagen selama setahun diketahui kepadatan mineral tulangnya meningkat.

Selain konsumsi kolagen, tak lupa harus perhatikan asupan gizi serta olahraga secara teratur.

Sehatkan Sistem Pencernaan

Sebuah penelitian pada 2003 menyatakan bahwa 170 orang dengan penyakit radang usus memiliki tingkat kolagen yang rendah.

Kolagen ini sebenarnya berada di jaringan ikat usus serta menguatkan lapisan pelindung saluran cerna. Oleh karena itu, jika usus kehilangan kolagen, Anda dapat terserang peradangan usus. Meningkatkan asupan kolagen harian Anda dapat membantu sistem pencernaan dalam membangun jaringan pelapis saluran cerna serta meningkatkan kesehatan usus.

Baca Juga: Macam Teh Herbal dan Manfaatnya untuk Tubuh

Itu lah beberapa manfaat kolagen untuk kesehatan tubuh, Sahabat Pagi. Mulai saat ini jangan pernah lewatkan makanan yang memiliki sumber kolagen dalam menu makan Anda.

Dengan konsumi makanan berkolagen, tak hanya kesehatan tubuh yang Anda dapat tapi juga manfaat untuk kulit dan kecantikan.

loading...