Kegiatan Cantik Ini bisa Menularkan Penyakit

0
90
penyakit

Belum lama ini, viral kisah seorang perempuan yang katanya terjangkit penyakit HIV karena melakukan facial. Katanya, penyakit ini terjadi karena penggunaan jarum yang tidak steril. Hal ini tentunya membuat banyak orang, terutama perempuan, kaget sekaligus khawatir. Pasalnya, banyak yang bertanya apakah saat ini facial tak lagi aman?

Pada kenyataannya, HIV memang tidak hanya dapat ditularkan melalu hubungan seksual dan penggunaan jarum suntik secara bergantian. Dilansir dari akun Twitter bernama @docturnal, alat apapun yang menyebabkan gesekan dan kontak langsung dengan kulit dan darah dapat menularkan virus dan kuman penyebab penyakit. Hal tersebut termasuk jarum akupuntur dan juga jarum akupuntur. Dan, bukan hanya penyakit HIV, Hepatitis B dan C juga bisa ditularkan lho.

Baca juga: Calon Fotografer Profesional Wajib Tahu

Oleh karena itu, ada baiknya kamu berjaga-jaga. Berikut lima kegiatan tak terduga yang bisa saja terjangkit HIV dan penyakit lainnya!

  1. Facial

Facial pada dasarnya bertujuan untuk membuat wajah jadi lebih bersih, mulus, cerah, serta bebas jerawat. Oleh karena itu, nggak sedikit tempat facial yang menggunakan jarum guna untuk menghilangkan jerawat. Jika jarum yang digunakan selalu baru, maka kamu aman. Namun, akan jadi masalah jika jarum yang dipakai tidak steril. Selain tidak higienis, hal ini dapat menularkan berbagai virus yang berbahaya.

  1. Akupuntur

Pengobatan tradisional yang sudah dikenal sejak lama ini juga harus kamu waspadai. Pastikan tempat dimana kamu melakukannya selalu menggunakan jarum baru yang steril dan tidak pernah digunakan sebelumnya.

Baca juga: Alasan Kenapa Tidak Disarankan Keramas Setiap Hari

  1. Manicure/Pedicure

Lho kok bisa, kan nggak menggunakan jarum? Nyatanya, penggunaan kikir kuku, nail cutter, dan alat manicure lainnya yang terkena kulit secara langsung juga bisa menularkan berbagai virus dan kuman yang berbahaya lho, Nggak mau dong hanya karena ingin memiliki kuku cantik malah terkena penyakit menyeramkan? Duh, amit-amit deh! Oleh sebab itu, pilihlah salon berkualitas dan tanyakan pada staff yang menanganimu apakah alat yang digunakan sudah dibersihkan.

  1. Tatto

Tato buat beberapa orang mungkin jadi salah satu cara untuk mengekspresikan diri. Namun tato juga sering dianggap sebagai salah satu penular HIV yang cukup berbahaya. Ini karena penggunaan jarum yang dipakai untuk menggambar. Namun, tenang, selama kamuditangani oleh profesional dan jarum yang digunakan selalu baru, hal tersebut nggak akan terjadi kok.

  1. Piercing

Penggunaan anting kini tak hanya di telinga saja. Hidung, pusar, telinga bagian atas, bahkan lidah jadi rumah baru untuk anting. Nah, hati-hati juga dalam melakukan kegiatan yang satu ini yah. Mintalah agar jarum yang digunakan sudah disterilkan dengan alkohol terlebih dahulu.

Baca juga: Bisakah Rambut Kembali Sehat Setelah di Warnai?

Walaupun jarang terjadi penyakit seperti HIV dan kemungkinannya sangat kecil, saran saja, jika ingin melakukan perawatan, apapun itu, pastikan kamu memilih tempat terpercaya yang ditangani oleh tenaga profesional yang memang sudah ahli dan terjamin aman. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan? Semoga artikelnya bermanfaat!
loading...