Tidak Hanya SNMPTN, Kenali Jalur Masuk PTN Berikut

0
44
Sumber: https://www.ila-france.com/

Bagi kalian yang sudah lulus SMA/SMK/MA sederajat tentu menghadapi fase dilematis yakni melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi (PT). Memilih PT pastinya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Dilema akan kalian rasakan saat hendak memutuskan untuk menempa pendidikan S1 dimana, jurusan apa, biaya yang dibutuhkan, prospek karir kedepan dan berbagai pertimbangan lainnya.

Nah, setelah menemukan pilihan yang tepat, kalian masih akan dihadapkan pada beberapa pilihan program pendaftaran yang akan diambil. Berikut 7 jenis program pendaftaran yang bisa menjajdi referensi bagi kalian yang baru lulus SMA/SMK/MA sederajat.

1. SNMPTN

SNMPTN adalah kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 sampai dengan semester 5 bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 tahun atau semester 1  sampai dengan semester 7  bagi SMK dengan masa belajar 4 tahun, serta portofolio akademik. Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan telah mengisi PDSS (Pangkalan Data Siswa Sekolah) dengan lengkap dan benar.

Sederhananya, untuk menempuh jalur SNMPTN ini kalian tidak perlu menempuh ujian tulis. Perlu diperhatikan, seleksi ini dilaksanakan sebelum kelulusan dengan sistem seleksi nilai raport dan portofolio prestasi yang sudah kalian kumpulkan selama aktif bersekolah di SMA/SMK. Informasi lengkap tentang SNMPTN bisa kalian dapatkan di snmptn.ac.id

Nah, tanggal 17 April 2018 lalu pengumuman SNMPTN sudah resmi diumumkan. Adakah diantara kalian yang lolos? Bagi kamu yang lolos jalur SNMPTN ini, selamat yaa..Tapi, bagi kalian yang belum beruntung, jangan khawatir. Seperti peribahasa, banyak jalan menuru Roma. Artinya, untuk melanjutkan pendidikan ke PT jalur yang ditempuh bukan hanya melalui SNMPTN saja. Kalian bisa menempuh jalur lain, simak terus ya informasi selanjutnya.

2. PMDK PN

Jalur PMDK-PN (Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri) merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Bidang Vokasi atau Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Informasi iengkap serta tata cara pendaftaran Jalur PMDK-PN dapat diakses pihak sekoiah melalui situs pmdk.politeknik.or.id

Sederhananya, PMDK PN ini adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikannya ke Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Untuk mengikuti seleksi jenis ini,kalian tidak perlu mengerjakan tes tertulis, hanya saja kalian harus menginput nilai raport semester 1 sampai semester 5 selama masih aktif bersekolah di SMA/SMK/MA atau sederajat.

3. SBMPTN

SBMPTN adalah kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, yaitu seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (paper based testing) atau menggunakan komputer (computer based testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa, dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia pusat. Informasi SBMPTN 2018 meliputi: ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan jumlah pilihan PTN serta program studi. Secara rinci, informasi lengkap mengenai SBMPTN 2018 dapat dilihat di laman sbmptn.ac.id.

Untuk mengikuti jalur seleksi ini, kalian harus mengerjakan serangkaian tes baik itu paper based, computer based, dan tes ketrampilan untuk masuk jurusan tertentu. Oleh karena itu persiapkan sebaik-baiknya jika kalian ingin sukses lulus SBMPTN dan masuk Perguruan Tinggi impian kalian.

4. Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan

Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri yang ada ikatan dengan lembaga pemerintah / kementrian sebagai penyelenggara pendidikan. PTK menawarkan kuliah yang biaya terjangkau dan beberapa gratis dan mendapatkan uang saku setiap bulan, beberapa diantaranya semi militer. PTK berbeda dengan PTN, di PTK mahasiswa akan kuliah dan setelah lulus dapat langsung bekerja.

Tantangan kuliah di PTK adalah mahasiswa dituntut untuk belajar sebaik mungkin dan mampu lulus ujian setiap semester dengan nilai yang baik. Contoh dari institusi kedinasan antara lain; Politeknik Keuangan Negara STAN,  Sekolah Tinggi Ilmu Statistika,  Institut Pendidikan Dalam Negeri, Akademi Imigrasi, Sekolah Tinggi Sandi Negara, Sekolah Tinggi Meterologi Klimatologi dan Geofisika, Sekolah Tinggi Transportasi Darat. Informasi lengkap pendaftaran jalur ini bisa diakses di alamat PTK masing masing.

5. UMPN

UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri) merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Jember melalui ujian tulis bersama-sama dengan 43 Politeknik Negeri Se-Indonesia. Jalur masuk ini merupakan salah satu jalur masuk yang cukup diminati , untuk yang lulus jalur ini akan kuliah disalah satu Politeknik Negeri dengan ketentuan reguler, biasanya setiap Politeknik Negeri memiliki dua kelompok masuk, yaitu kampus Pagi dan Kampus siang.

Perbedaannya adalah jalur masuk untuk lulusan UMPN akan mendapatkan kesempatan kampus pagi, meski setiap Politeknik Negeri memiliki jalur seleksi ini tetapi sistem penyelenggaraan kembali kepada kampus masing-masing tidak seperti jalur PMDK PN yang diatur secara keseluruhan oleh panitia umum, sedangkn untuk UMPN dilaksanakan melalui Politeknik masing-masing. Untuk jalur UMPN ini tidak ada panitia pusat, jadi kalian harus mencari info dari web masing-masing politeknik.

6. Mandiri

Jalur Seleksi Mandiri adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara khusus oleh panitia dari Perguruan Tinggi Penyelenggara baik itu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Jalur seleksi mandiri di setiap Perguruan Tinggi memiliki nama dan sistem penerimaan yang berbeda-beda . Waktu penyelenggaraan seleksi mandiri ini juga beragam, ada Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan sebelum SBMPTN, dan ada yang menyelenggarakan setelahnya. Jika kalian ingin mengikuti jalur mandiri ini, maka kalian harus rajin mengakses informasi terkait dari alamat web Perguruan Tinggi yang dituju.

Baca juga informasi inspiratif lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here