Kolagen dan Ragam Makanan yang Baik untuk Kulit

0
35

Pernah Sahabat Pagi mendengar kolagen? Atau penasaran seperti apa sih kolagen ini.

Kolagen merupakan protein yang memiliki fungsi memberi struktur, perenggangan pada kulit, serta kekenyalan. Dengan bertambahnya usia, kolagen yang dihasilkan di kulit akan lebih sedikit. Jika demikian, kulit akan menjadi kendur serta muncul kerutan. Oleh karena itu, kolagen menjadi salah satu kandungan yang harus ada di kebanyakan produk kecantikan.

Tambahan kolagen dibutuhkan terutama para wanita. Hal ini tak lain karena collagen dapat membuat kulit tampak muda, kencang, dan elastis. Produk atau suplemen yang mengandung collagen ini juga banyak ditemukan di pasaran. Karena tidak memiliki rasa, biasanya suplemen kolagen akan dicampur dengan kandungan vitamin dalam buah seperti mixberry dan delima. Dua buah tersebut tak hanya memilih kandungan vitamin C yang tinggi, tetapi kaya akan antioksidan.

Tak hanya dengan konsumsi suplemen yang berkolagen saja, Sahabat Pagi bisa mengimbanginya dengan makanan yang berkolagen. Apa saja?

Ayam

Ayam menjadi salah satu makan berkolagen tinggi dan berprotein yang baik untuk tubuh. Akan tetapi, tidak semua bagian ayam mengandung collagen. Sahabat Pagi bisa menemukannya pada bagian leher dan tulang muda. Ayam juga mengandung asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi collagen.

Putih Telur

Walau bisa dikatakan telur tak secara langsung merupakan makanan yang berkolagen tinggi. Namun, putih telur kaya akan kandungan proline yang menjadi salah satu bahan baku utama produksi kolagen di dalam tubuh.

Bawang Putih

Siapa sangka jika selain menjadi bagian bumbu dasar untuk menumis, bawang putih memilih manfaat lain. Rempah ini dipercaya dapat memproduksi kolagen dalam tubuh.

Namun, tak serta merta makan banyak bawang putih akan memiliki kulit kenyal. Perlu jumlah tertentu untuk dikonsumsi agar manfaatnya bisa terasa dan dikosumsi secara rutin.

Mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak dalam kondisi mentah dapat menyebabkan sakit perut hingga meningkatkan risiko pendarahan jika Anda menggunakan obat pengencer darah.

Baca Juga: Manfaat Implantasi Kolagen Ini Perlu Kita Ketahui

Buah Beri

Jika berbicara tentang buah mana yang memiliki kandungan vitamin C. Kebanyakan orang akan memilih jeruk. Akan tetapi, Sahabat Pagi juga bisa menemuinya di buah beri ini. Buah beri sendiri terdapat beberapa jenis seperti rasberry, blackberry, blueberry, strawberry.

Perlu diketahui jika vitamin C memainkan peran penting dalam produksi pro-kolagen, prekursor tubuh untuk kolagen. Karena itu, konsumsi cukup vitamin C sangat penting untuk kesehatan kulit.

Tak hanya mengandung vitamin C, Beri juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Selain Beri, Sahabat Pagi juga dapat mengkonsumsi semua jenis jeruk seperti grapefruit, lemon, dan lainnya untuk mendapatkan khasiat vitamin C.

Tomat dan Sayuran Hijau

Tomat dan sayuran hijau juga berperan penting dapat produksi kolagen dalam tubuh. Tomat kaya akan vitamin C yang mengandung likopen.

Likopen ini merupakan antioksidan yang akan melindungi kulit dari kerusakan.

Baca Juga: Tips Perawatan Kulit Tubuh Agar Selalu Sehat dan Cerah

Sedangkan sayur hijau seperti bayam, daun kale, atau sayuran hijau lain memiliki kandungan klorofil tinggi. Klorofil ini menjadi komponen yang dapat memicu produksi kolagen untuk tubuh.

Jadi mulai sekarang sering-sering konsumi makanan yang berkolagen ya Sahabat Pagi agar kesehatan kulit terjaga.

loading...