Tips Perawatan Kulit Tubuh Agar Selalu Sehat dan Cerah

0
135

Berbicara tentang perawatan kulit, hal ini biasanya tak lepas dari perawatan kulit wajah yang menjadi fokus banyak orang.  Akan tetapi, jangan lupa jika kesehatan kulit tubuh juga patut dijaga.

Siapa sih yang enggak pengin kalau kulitnya terasa halus dan cerah? Dengan melakukan perawatan rutin, Sahabat Pagi bisa membuat kulit yang awalnya tampak kusam menjadi lebih sehat, cerah, dan lembut.

Ingin tahu bagaimana caranya? Simak tips perawatan kulit berikut ya.

Mandi dengan Air Dingin

Ingin kulit Sahabat Pagi tampak bersih dan berkilau? Solusinya mudah. Sahabat Pagi cukup mandi dengan air dingin. Kenapa harus air dingin? Karena mandi dengan air dingin dapat mempersempit pembuluh darah. Tak hanya itu, mandi dengan air dingin dapat memperkecil pori-pori dan mengurangi kemerahan pada kulit.

Pori-pori yang menutup dapat mencegah kotoran tidak mudah masuk. Kotoran ini lah yang menjadi penyebab utama kulit kusam. Kulit yang bersih dari kotoran akan membuat Anda lebih cerah dan percaya diri. Benar, kan?

Gosok Kulit Sebelum Mandi

Cara sederhana agar kulit kusam hilang adalah menggosok kulit sebelum mandi. Dengan menggosok kulit ini akan membantu menghilangkan sel kulit mati. Kulit dapat beregenerasi dan lapisan teratas akan diisi oleh sel-sel baru yang sehat.

Sahabat Pagi juga dapat menggunakan penggosok badan dari serat alami. Pilih sikat badan dengan gagang yang cukup panjang agar dapat menjangkau seluruh tubuh. Anda dapat mulai menggosok dari bawah yakni telapak kaki. Kemudian perlahan gosok ke arah atas. Pastikan gerakan menggosok badan ini dilakukan dengan lembut ya.

Baca Juga: Serba Serbi Jus Seledri: Minuman Ajaib yang Bikin Kulit Halus

Rutin Eksfoliasi

Tak hanya kulit wajah yang rutin dalam eksfoliasi. Kulit tubuh juga. Kulit secara alami dapat melepas sel-sel kulit mati untuk memberi ruang sel-sel baru setiap 28 hari atau pun lebih. Akan tetapi, sel-sel kulit mati ini tidak dapat sepenuhnya terlepas, sehingga membuat kulit kering, bersisik dan menyumbat pori-pori.

Karena itu dibutuhkan eksfoliasi untuk mencegah berbagi permasalah kulit. Berdasarkan banyak penelelitian, salah satunya American Academy of Dermatology, eksfoliasi dapat mencerahkan kulit. Tak lupa untuk memilih bahan-bahan alami untuk melakukan proses eksfoliasi ini.

Rutin Menggunakan Lotion

Body Lotion memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit yakni dipercaya melembutkan area tubuh yang kasar seperti siku dan lutut.

Mengoleskan body lotion tiap hari sehabis mandi, kulit yang kasar tersebut akan terasa lembut. Selain itu, body lotion dapat membuat kulit tubuh lebih bersinar dan sehat.

Wajib Menggunakan Sunscreen

Kenapa harus menggunakan sunscreen juga pada tubuh? Pasalnya, semua jenis radiasi UV berpotensi untuk merusak kulit.

Sinar UVA menyumbang  persen radiasi ke permukaan bumi. Hal ini menyebabkan kerutan, sun spot, bahkan gejala penuaan dini lainnya. Sedangkan paparan sinar UVB dapat mempengaruhi lapisan atas kulit. Paparan sina UVB ini dapat menyebabkan kulit terbakar hingga kanker kulit.

Oleh karena itu, penggunaan sunscreen merupakan hal wajib. Sunscreen dapat Sahabat Pagi gunakan saat melakukan aktivitas di luar maupun dalam ruangan.

Baca Juga: Tabir Surya Lindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahari

Asupan Vitamin dan Mineral dalam Tubuh

ulit tak serta merta menjadi cerah dan sehat hanya karena sering mandi atau perawatan dari luar saja. Sahabat Pagi juga wajib memperhatikan perawatan dari dalam. Mulai dari minum air putih berapa gelas sehari, sayur dan buah yang baik untuk kesehatan kulit, atau vitamin tambahan yang memiliki kadar kolagen yang baik untuk tubuh.

Sahabat Pagi dapat memilih Incess Delima Mix Berry sebagai asupan vitamin tambahan agar kulit tubuh semakin sehat dan cerah.

Nah, sudah tahu kan tips apa saja untuk merawat kulit agar sehat dan cerah. Ingat, jangan hanya kulit wajah saja yang perlu diperhatikan, kulit tubuh juga membutuhkan perhatian juga.

Selamat mencoba!

loading...