Komponen Sepeda Motor Yang Rawan Rusak Saat Terjang Banjir

0
162
Komponen Sepeda Motor Yang Rawan Rusak

Komponen Sepeda Motor Yang Rawan Rusak Saat Terjang Banjir – Curah hujan mulai meningkat, para pemilik kendaraan bermotor sebaiknya lebih memperhatikan lokasi serta jalan yang sering kali banjir, sebab sejumlah komponen pada kendaraan terutama sepeda motor rentan mengalami kerusakan ketika terkena air terlebih saat menerjang banjir.

Komponen yang sering kali rawan mengalami kerusakan saat menerjang banjir adalah komponen pada sistem pengapian seperti busi dan koil.

Komponen tersebut berfungsi untuk menyalurkan percikan api kedalam mesin untuk membantu proses pembakaran bahan bakar dalam mesin sehingga dapat menggerakkan piston dan membuat roda dapat berputar seiring ditariknya tuas gas pada motor.

Apabila pengguna sepeda motor memaksa untuk menerjang genangan air atau banjir dapat menyebabkan komponen busi sepeda motor menjadi basah sehingga titik api tidak dapat muncul dan pembakaran bahan bakar dalam mesin tidak dapat dilakukan serta menyebabkan sepeda motor menjadi mogok.

komponen motor yang rawan rusak

Oleh karena itu pada musim hujan sangat disarankan untuk menggunakan katup busi anti air sehingga air pada saat menerjang genangan air tidak mudah masuk kedalam busi.

Terlebih jika air masuk kedalam knalpot sepeda motor. Air yang masuk melalui knalpot sepeda motor dapat mengganggu proses pembakaran bahan bakar dalam mesin. Sehingga perlu untuk membuka bagian mesin untuk dapat mengeluarkan seluruh air yang masuk kedalam mesin agar mesin dapat bekerja normal kembali.

Selain komponen pada sistem pembakaran bahan bakar, terdapat komponen lain yang rawan rusak ketika terkena air hujan. Salah satunya klakson, klakson motor juga merupakan komponen sepeda motor yang rawan rusak ketika terkena air hujan terutama klakson motor yang menggunakan membran berbahan kardus atau kertas karena bahannya yang menyerap air.

komponen motor yang rawan rusak

Oleh sebab itu gunakan klakson motor yang menggunakan membran berbahan plastik atau mika agar tidak mudah rusak meskipun terkena guyuran air hujan.

Pada saat hujan melanda pastikan komponen-komponen tersebut terhindar dari air dan disarankan untuk menghindari genangan air serta banjir pada saat menggunakan sepeda motor.

Baca juga Artikel Inspiratif Lainnya :

Inilah daftar film-film Marvel Selanjutnya!

Avengers 4 Trailer : Siap-siap buat Kehilangan dan Ketemu Karakter Ini!

loading...