Lampu Motor Mati? Ini Penyebabnya!

0
247
lampu motor

Lampu motor memang tidak mempengaruhi performa sepeda motor brother, tetapi penerangan sepeda motor menjadi hal yang sangat penting. Selain menjadi penerangan di jalan yang gelap, menyalakan lampu depan setiap berkendara sudah menjadi aturan di jalan raya. Jika lampu motor tiba–tiba mati ditengah perjalanan, tentu merepotkan bukan? Pada artikel kali ini akan membahas tentang beberapa faktor yang menyebabkan lampu motor brother motor mendadak mati!

Baca Juga : 5 Ide Bisnis untuk Generasi Millennial yang Patut di Coba

Spull Motor Mati

Fungsi utama spull yaitu menghasilkan arus listrik, jika terjadi  kerusakan maka yang tejadi aki akan terkuras terus arus listriknya, sehingga ada titik dimana aki tekor yang tidak hanya membuat lampu brother mati, tetapi semua kelistrikan akan mati

Aki Tekor

Aki tekor dengan kondisi spull yang mati hampir mirip, namun masalah spull biasa terdeteksi ketika kita sedang menyalakan mesin. Sementara lampu mati karena aki soak, itu cek pada pagi hari ketika kita akan menyalakan motor. Jika brother mendeteksi tiba-tiba lampu dan klaskon mati, namun mesin masih bisa dihidupkan dengan kick starter, maka itu ciri aki brother yang tekor.

Baca Juga : Mantra Bodo Amat Demi Hidup yang Minim Drama

Soket Lampu Konslet

Soket lampu umumnya terbuat dari seng tipis, seng itu logam dan logam bisa berkarat. Inilah masalahnya, jika ada karat pada soket lampu, maka potensi terjadinya korsleting bisa semakin sering. Soket yang berkarat, bisa disebabkan karena terlalu sering terkena air hujan, ruang antara terminal bohlam dengan soket akan terisi dengan kerak dan ini juga berpotensi menimbulkan konsleting.

Saklar Kotor

Gangguan yang paling sering terjadi pada komponen ini yaitu banyaknya kotoran atau karatan yang dapat menggangu dan menghabat arus listrik yang masuk kedalam lampu. Cara mengatasinya ialah lepas saklar dan bersihkan karatan atau kotoran menggunakan amplas halus, atau bisa juga dengan cairan anti karat.

Baca Juga : Wisata Baru di Madura, Boekit Tinggi Daramista

Kualitas Bohlam

lampu motor

Tidak semua produk bohlam motor memiliki kualitas yang bagus. Apabila brother ingin mengganti bohlam motor, sangat disarankan untuk menggunakan bohlam motor dengan Finishing menggunakan sistem vakum sehingga kaca tidak bergeser dan sorot lampu sangat fokus.

Untuk mendapatkan bohlam motor berkualitas, brother bisa mendapatkannya secara online maupun offline di distributor spareparts motor terdekat.

loading...