Lari, Melelahkan Namun Menyenangkan

0
197

Lari merupakan olahraga yang bisa dilakukan setiap orang. Hanya bermodalkan pakaian olahraga, pakaian, dan niat yang bulat maka kebugaran tubuh bisa tetap terjaga. Tidak seperti jenis olah tubuh yang lain, lari selalu menjadi pilihan utama untuk mengeluarkan keringat dan membakar kalori. Jika sepak bola, bulutangkis, atau basket memiliki musim tertentu, lari selalu berada di peringkat teratas untuk menjaga tubuh tetap prima. Lalu, apa tips dan trik agar tubuh tidak kelelahan saat berlari?

Baca Juga: Waktu Terbaik Untuk Ganti Sparepart Motor


Tegakkan Bahu untuk Nafas yang Lebih Baik


Menjaga postur merupakan sebuah keharusan untuk olahraga ini. Kamu harus membuka lebar bahu dan mencondongkan dada ke depan. Usahakan untuk menjaga sikap tubuh ini dan jangan sampai di tengah lari kamu semakin membungkuk ya. Dengan menjaga postur ini, proses pernafasan akan lebih optimal karena udara sekitar terhirup dengan baik. Bila sudah menguasainya, kamu bisa mulai mengatur pernafasanmu. Cukup tarik nafas melalui hidung, lalu buang melalui mukut dan lakukan selama berlari. Jangan lupa untuk mengayunkan kedua tanganmu untuk mengatur kecepatan ya. Alhasil, nafasmu tidak akan tersengal-sengal lagi!

Baca Juga: Api Tak Kunjung Padam nan Melegenda


Posisikan Kaki dengan Benar


Saat mengayunkan kakimu, ingat aturan 12-3-6. Apa artinya? Angkat kakimu hingga mengarah ke angka 12 (ke atas), lalu dorong ke arah jam 3 (membentuk sudut 90°), kemudian mendarat ke tanah searah angka 6 pada jam. Saat meletakkan kaki, usahakan mendarat dengan kaki bagian depan menjadi tumpuannya. Juga, arahkan jari-jari kaki menghadap ke atas. Sehingga, proses mengayuh akan lebih cepat.

Baca Juga: Fujifilm Hadirkan Instax Mini LiPlay yang Bisa Menambahkan Suara


Kecepatan Bukanlah Segalanya dalam Lari


Jika selama ini kamu berpikir bahwa lari untuk olahraga mengutamakan kecepatan, kamu harus buru-buru menghilangkannya. Bukan masalah siapa yang cepat sampai di garis finish, namun bagaimana kamu bisa maintain tubuhmu. Bahkan, untuk menghasilkan buah yang baik, kamu harus bisa mengkombinasikan gerakan lari dan berjalan. Hasilnya akan lebih optimal jika kamu mengawali dengan berlari kecil, dilanjut dengan mengayuhkan kaki sekencang mungkin selama 2 menit, lalu berjalan. Lakukan gerakan tersebut secara berulang.

Olah tubuh harus dilakukan beberapa kali dalam seminggu. Tidak perlu setiap hari, namun yang penting adalah komitmen untuk melakukannya hingga jangka waktu yang lama. Selain tubuh yang sehat, kamu juga bisa menjaga tampilan fisikmu.

loading...