5 Manfaat Garam untuk Kesehatan

0
156

Manfaat garam dapat dirasakan jika dikonsumsi secukupnya. Konsumsi garam secara berlebihan akan menimbulkan berbagai efek negatif terhadap kesehatan. Namun, hal ini bukan berarti jika Anda tidak boleh dikonsumsi pada makanan. Bagaimanapun garam juga diperlukan oleh tubuh.

Hipertensi, stroke, atau penyakit jantung sering dikaitkan dengan konsumsi garam. Hal ini memang benar adanya. Oleh karena itu, konsumsi garam sesuai dengan kebutuhan agar memperoleh manfaatnya.

Manfaat garam bisa juga didapatkan dengan memperhatikan asupan yang dibutuhkan oleh tubuh. Semakin muda usia Anda, semakin sedikit asupan garam yang dibutuhkan tubuh. Tentunya perlu diketahui pula jika manfaat garam dan efeknya yang membahayakan bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Apa sajakah manfaat garam untuk kesehatan? Berikut informasinya.

Melancarkan Metabolisme

Garam memberi banyak manfaat. Salah satunya adalah melancarkan metabolisme. Metabolisme yang baik dapat meningkatkan fungsi sistem pada tubuh.

Garam mampu membantu menyerap air dalam tubuh untuk melancarkan kerja organ. Hal ini disebabkan oleh mineral dan nutrisi pada garam dengan mudah dapat menyerap di dalam darah.

Baca Juga: Obesitas, Masalah Utama dalam Kesehatan

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Jika saat ini Anda sedang melakukan diet dan tidak terdapat cukup garam dalam tubuh, apa yang akan terjadi? Pastinya akan berdampak pada kesehatan Anda. Tubuh tak akan cukup menghasilkan HCl (asam klorida) dalam perut.

Ini akan semakin parah jika sebelumnya Anda memiliki riwayat kesehatan pencernaan yang buruk seperti asam lambung. Konsumsi garam yang cukup akan membantu mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan.

Meringankan Bronkitis dan Masalah Pernapasan

Garam juga memiliki manfaat untuk meringankan bronchitis serta masalah pernapasan lainnya. Garam dapat menyerap ion berbahaya pada udara yang Anda hirup dan membantu melawannya agar tak terserap ke dalam tubuh. Tak jarang jika garam bisa meringankan penyakit asma, bronchitis, serta penyakit lain yang mengganggu sistem pernapasan.

Membersihkan Mulut

Siapa bilang jika garam tak bisa membantu membersihkan mulut. Malah dengan berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan sakit pada gusi yang luka atau gigi yang ngilu. Caranya hanya dengan mencampurkan ½ sendok the garam dengan air hangat dan berkumur dengan air garam tersebut akan membantu menenangkan ngilu pada gigi.

Mencegah Hipotremia

Hipotermia merupakan suatu kondisi tubuh menderita kekurangan garam dalam cairan sel tubuhnya. Cairan ini biasanya akan keluar berupa keringat, diare, atau sering disebut sebagai intoksikasi air. Untuk mempertahankan tekanan darah serta kelancaran fungsi saraf dan otot, tubuh butuh garam. Jikalau hal itu tak tercukupi, akan terjadi ketidakseimbangan kadar air tubuh dan menyebabkan pembengkakan pada tubuh karena sel-sel kelebihan air.

Nah, konsumsi garam patut untuk diperhatikan ya! Sahabat Pagi juga bisa memilih garam Lososa sebagai asupan garam sehari-hari. Garam sehat ini selain bersih dan halal, less sodium, dan mengandung kalium yang seimbang.

loading...