Manfaat Memelihara Binatang untuk Kepribadianmu

0
99
memelihara binatang
Sumber https://www.huffingtonpost.com/

Sebagian orang mungkin merasa jijik dan geli terhadap binatang. Entah itu karena bulunya yang kotor hingga terganggu karena bau kotorannya. Disisi lain, banyak pula orang yang menyayangi binatang. Bahkan, saking sayangnya mereka pun rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk perawatannya.

Namun tahukah kamu bahwa memelihara binatang ternyata memiliki manfaat yang besar untuk perkembangan kepribadian dan kesehatan? Apa saja manfaatnya? Yuk, simak informasi berikut ini.

  1. Memperbanyak aktifitas fisik

Dengan memelihara hewan, seperti kucing atau anjing misalnya, dapat membuat kamu banyak bergerak. Hal ini disebabkan karena sekali waktu hewan peliharaan terkadang juga perlu diajak berjalan-jalan atau berlarian di taman. Sebuah penelitian mengenai tingkat aktivitas fisik yang dilakukan terhadap 2.071 anak di Inggris, diterbitkan dalam International Journal of Nutrition, menunjukkan bahwa kepemilikan hewan peliharaan sangat berhubungan erat dengan keaktifan pemiliknya. Selain itu, aktifitas bersama hewan juga dapat dianggap sebagai relaksasi yang baik bagi kamu yang merasa lelah karena seharian bekerja.

  1. Menurunkan berat badan

Oleh karena banyaknya aktifitas fisik yang dilakukan saat memelihara hewan, tentunya akan banyak juga kalori yang terbakar. Hal inilah yang dapat menurunkan berat badan.  Selain itu, berdasarkan riset yang dilakukan oleh University of Missouri, Amerika Serikat, ditemukan bahwa orang-orang yang mengajak jalan-jalan hewan peliharaannya akan lebih konsisten melakukan olahraga secara teratur sehingga menunjukkan tingkat kebugaran yang lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang berjalan dengan teman-temannya. Jadi, buat kamu yang ingin menurunkan berat badan gak perlu bingung lagi. Segera adopsi hewan untuk jadi peliharaan. Tapi jangan lupa rawat mereka baik-baik ya.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung dan tekanan darah

Hasil dari sebuah studi yang dilakukan oleh the Centers for Disease Control and Prevention selama 20 tahun menunjukkan bahwa memelihara kucing dapat mengurangi resiko terkenanya penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena memiliki kucing sebagai hewan peliharaan dapat mengontrol kadar trigliserida dan tekanan darah.

Disamping itu penelitian lain yang diterbitkan dalam Frontiers in Psychology menunjukkan bahwa dengan memelihara anjing dapat membantu menormalkan denyut jantung dan tekanan darah.

Hal ini disebabkan karena dengan memelihara hewan, secara tidak langsung aktifitas fisik dan kontak sosial akan meningkat. Kamu bisa saja bergabung dengan klub pecinta hewan untuk memperluas hubungan sosial dan solidaritas terhadap sesama. Kegiatan seperti inilah yang dapat memberikan dampak positif bagi keadaan psikologis dan pada akhirnya akan meningkatkan kesehatan jantung dan tekanan darah.

  1. Menumbuhkan rasa empati, peduli, dan tanggung jawab

Komitmen yang dimiliki saat memutuskan untuk memelihara hewan dapat menumbuhkan rasa peduli dan bertanggung jawab. Bentuk rasa peduli dan tanggung jawab tersebut dimulai dengan memberikan perawatan, makanan, hingga mengajaknya bermain bersama. Rasa empati, peduli, dan tanggung jawab juga akan muncul jika hewan peliharaan tiba-tiba hilang atau sakit.

  1. Menurunkan tingkat stress

Keberadaan hewan peliharaan bagi pemiliknya dapat menghilangkan rasa kesepian dan mengusir kebosanan. Apalagi jika si pemilik sehari-harinya selalu disibukkan oleh banyak pekerjaan. Dengan hilangnya rasa sepi dan bosan tersebut, akan muncul perasaan nyaman dan dapat mengurangi tingkat stress.

Nah, itulah manfaat-manfaat yang bisa kamu peroleh dengan memelihara hewan. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.