Manfaat Teh Hijau untuk Kulit

0
134
Glass cups with green tea and tea leaves isolated on white.

Banyak dari kita yang menginginkan kulit sehat dengan biaya murah bukan? Tanpa kita sadari banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kulit yang bisa kita jumpai di rumah yakni teh hijau. Teh hijau terbuat dari daun teh dengan proses oksidasi minimum yang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan tersebut berkhasiat untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari, debu, polusi dan penuaan dini.

Inilah manfaat teh hijau untuk kulit yang perlu Anda ketahui:

  1. Mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari

Caranya dengan mengkompreskan kantong teh hijau bekas pakai pada area kulit yang terpapar sinar matahari. Kandungan anti-inflamasi dalam teh hijau akan bekerja untuk mendinginkan serta mencegah kerusakan kulit akibat dampak sinar UV matahari.

  1. Tabir surya alami

Teh hijau berperan sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari sinar UV karena dapat mencegah radikal bebas yang menyerang sel-sel kulit. Selain itu, teh hijau juga dapat mencegah penuaan dini. Tabir surya alami dapat dibuat dengan cara yang mudah, yaitu merebus dua cangkir air dengan setengah cangkir daun teh hijau selama 5-10 menit menggunakan api sedang, lalu gunakan seduhan ini untuk membilas wajah.

  1. Mengatasi jerawat dan menghilangkan mata panda

Salah satu manfaat teh hijau untuk kulit ialah untuk mengatasi masalah jerawat pada muka. Teh hijau mengandung anti-inflamasi, anti-septik sekaligus anti-bakteri. Ketiganya ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegah peradangan jerawat. Selain itu bagi mahasiswa semester akhir yang sibuk mengejarkan tugas hingga larut malam, kantung mata dapat mengganggu penampilan. Untuk masalah seperti ini Anda dapat mengatasinya dengan memanfaatkan teh hijau sebagai scrub atau masker. Masker teh hijau dapat dibuat dengan menyeduh 1-2 sendok daun teh hijau kedalam 100 ml air, lalu tunggu 10 menit hingga warna teh pekat, saring ampas teh. Kemudian, basahi wajah dengan air teh dan pijat halus. Diamkan selama 30 menit selanjutnya bilas dengan air. Lakukan cara ini rutin setiap hari saat hendak tidur.

Wah, teh hijau rupanya tidak hanya segar diminum namun juga mempunyai segudang manfaat bagi kulit. Asal kita tahu cara memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar, maka merawat kulit tidaklah memerlukan biaya besar. Selamat mencoba.

Baca juga

Efek Buruk Stress bagi Kesehatan Rambut dan Kulitmu
Hal Sepele yang Menyebabkan Kulit Menjadi Kering
Yuk, Jaga Kesehatan Kulit di Musim Pancaroba
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.