Hilangkan Rasa Ngantuk dengan Cara Ini

0
89
mengatasi rasa ngantuk

Deretan kesibukan seringkali memaksa seseorang untuk mengurangi waktu tidurnya. Namun, kegiatan esok hari juga tidak dapat ditinggalkan. Kekurangan waktu tidur dapat menjadikan seseorang lelah, mengantuk, dan kurang konsentrasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa ngantuk dan menjaga agar tetap fokus.

Mengatasi rasa ngantuk dengan berada di tempat yang terang dan dingin

Tubuh terbiasa dengan siklus gelap dan terang, dimana gelap diartikan tubuh untuk istirahat dan terang diartikan tubuh untuk tetap terjaga. Maka, jadikanlah tempat kerjamu terang dengan menyalakan lampu atau membuka penutup jendela. Di sisi lain, coba pula mandi air dingin di pagi hari sebelum berangkat kerja.

Mengatasi rasa ngantuk dengan membuat daftar kegiatan

Kelelahan terkadang membuat sulit untuk berfikir dan fokus. Ada baiknya untuk mengatasi hal ini dibuat daftar kegiatan untuk hari itu. Urutkanlah dari yang termudah. Cara ini akan membantu produktivitas tetap terjaga.

Mengatasi rasa ngantuk dengan bergerak

Apabila kantuk mulai menyerang, coba lakukan gerakan-gerakan sederhana untuk mengusir rasa kantuk tersebut. Gerakan seperti berjalan keliling saat menerima telepon bisa membantu sedikit. Bisa juga dilakukan gerakan peregangan kecil yang bisa dilakukan bahkan di tempat duduk kantor kita.

Mengatasi rasa ngantuk dengan memperbanyak minum dan cemilan ringan

Jika seseorang kurang tidur, dia harus memastikan bahwa dirinya minum cukup air dan memilih makanan yang dapat menjaga kadar gula darah normal seperti buah, kacang-kacangan, serta gandum. Mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan gula darah, malah akan mengakibatkan rasa kantuk.

Mengatasi rasa ngantuk dengan tidur siang

Jika memungkinkan, cobalah untuk menyisipkan waktu di saat istirahat siang untuk tidur siang. Tidur sekitar 20 menit di siang hari dapat menjadi salah satu cara untuk pengisi energi yang hilang ketika kekurangan tidur.

Mengatasi rasa ngantuk dengan minum kopi

Cara paling umum dalam menghilangkan kantuk adalah dengan mengkonsumsi kopi. Efek terjaga akan meuncul sekitar 15-30 menit setalah meminumnya dan dapat bertahan hingga 8 jam kemudian. Namun, jangan juga terlalu banyak mengkonsumsinya agar dapat beristirahat dengan nyenyak di malam hari nanti.

Jadi, mari kembalikan seluruh energi, sehingga tubuh pun dapat terasa segar.

 

Artikel Inspiratif Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.