Mengenal Lebih Dekat Tradisi Bridal Shower

0
386
bridal shower

Dekorasi mewah dengan warna senada di satu meja, berhiaskan bunga-bunga segar, lampu-lampu antik, balon-balon helium, juga peralatan makan dan minum. Akan ada perayaan, di mana seorang perempuan akan mengenakan selempang bertuliskan “Bride to Be” atau menggunakan hiasan ala pengantin, lalu mendapatkan coretan diwajah yang mungkin untuk sekadar lucu-lucuan. Dalam perayaan ini, mereka bertemu, berkumpul, bercerita, dan menghabiskan waktu bersama. Begitulah salah satu gambaran Bridal Shower ala Indonesia.

Tradisi bridal shower merupakan salah satu tradisi yang dilakukan di beberapa negara barat seperti Amerika, Kanada, dan Australia. Namun, seiring dengan berjalannya waktu acara ini juga menjadi tren di Indonesia beberapa tahun belakangan. Secara singkat, Bridal Shower sendiri merupakan sebuah pesta yang khusus diadakan untuk calon pengantin perempuan sebelum melepas masa lajang.

Namun ternyata, perayaan bridal shower yang digelar di negara barat dan Indonesia memiliki beberapa perbedaan. Berikut fakta-fakta unik yang berhasil inspirasipagi rangkum untuk kalian:

  1. Tamu Undangan yang Hadir

Di beberapa negara barat, bridal shower biasanya turut dihadiri oleh keluarga dari calon pengantin wanita, seperti ibu, tante, atau saudara wanitanya. Mereka berperan sebagai tamu undangan dan menikmati pesta yang digelar oleh teman-teman dekat sang calon pengantin tanpa harus repot mengurusi jalannya pesta. Tetapi di Indonesia, bridal shower biasanya hanya dihadiri oleh sahabat-sahabat dekat calon pengantin wanita tanpa mengundang keluarganya.

  1. Tidak Ada Tamu Pria

Dalam adat tradisional di negara barat, bridal shower hanya dikhususkan untuk calon pengantin wanita. Tapi kini banyak pula acara bridal shower yang menghadirkan tamu pria dari calon pengantin pria untuk datang dan merayakan acara tersebut bersama-sama. Namun rupanya, di Indonesia masih memegang teguh ada tradisional tersebut, dimana bridal shower benar-benar dikhususkan untuk kaum wanita saja.

3. Tidak Ada Kartu Undangan
Perayaan bridal shower di negara barat umumnya sengaja mengadakan Bridal Showe dengan sangat meriah. Salah satunya dengan mengundang sekitar 250 hingga 300 orang tamu. Maka dari itu diperlukan undangan khusus yang dikirim melalui pos atau e-mail sebagai tanda bahwa kehadiran mereka sangat diharapkan.

Berbeda dengan di Indonesia, perayaan bridal shower digelar dengan suasana yang lebih akrab dan hanya menghadirkan teman-teman terdekat dari calon pengantin wanita saja yang mungkin jumlahnya tidak terlalu banyak. Bridal shower yang digelar di Indonesia biasanya digelar oleh teman-teman calon pengantin wanita itu sendiri, sehingga kartu undangan biasanya tidak dibutuhkan.

3. Pemberian Hadiah

Di negara barat, bridal shower adalah ajang dimana calon pengantin wanita ‘dimandikan’ dengan hadiah-hadiah dari para teman-teman wanitanya. Hadiah tersebut umumnya berupa peralatan rumah tangga atau kebutuhan calon pengantin dalam mempersiapkan kehidupan barunya sebagai seorang istri. Bahkan, hadiah yang diberikan juga dapat berupa uang yang bisa digunakan setelah menikah.

Tetapi di Indonesia, acara bridal shower biasanya hanya dilakukan untuk berkumpul-kumpul dan mengakraban diri sehingga acara pemberian hadiah tidak menjadi agenda utama. Beberapa orang ada yang memberikan hadiah pernikahan tepat saat hari pernikahan tiba, atau biasanya hadiah diberikan pada saat pengajian atau malam midodareni.

Bagaimanapun perbedaannya, perayaan Bridal Shower ini sejatinya tergantung dari masing-masing kita yang memaknainya. Tertarik mengadakan perayaan ini, ladies?

Baca juga berbagai artikel menarik lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.