Mengenal Lebih Dekat dengan Avicii

0
156

Dunia musik elektronik sangat terpukul ditinggal sang pioner. Avicii telah tutup usia di tanggal 20 April 2018, di usia 28 tahun. Ia ditemukan terbujur kaku di kamar hotelnya di Muscat, Oman (21 April pagi waktu Indonesia). Namun, siapakah Avicii? Mari mengenal lebih dekat dengan Avicii.

Foto terakhir Avicii (tengah), di resort dekat Muscat. (Sumber : Muscat Hills Report)

Avicii membuat lagu-lagu sangat terkenal seperti Wake Me Up, Levels, dan Hey Brother. Avicii terhitung sangat populer di tanah air. Ia pernah mengisi Djakarta Warehouse Project tahun 2012 dan lagu-lagunya terus berada di tangga lagu radio-radio tanah air. Namun,

Avicii, alias Tim Bergling, merupakan DJ pioner yang telah lama berkiprah di dunia musik elektronik selama 10 tahun. Ia punya banyak musik yang upbeat dan ramai. Ia memulai karirnya dengan memenangkan kompetisi produksi seseorang yang sangat penting di Inggris, yakni Pete Tong; sang kurator BBC Radio 1, produser, serta DJ. Tim memenangkan lomba tersebut di tahun 2008. Setelah itu, karirnya lebih melejit lagi hingga 11 juta stream di Spotify. Ia juga merupakan DJ EDM pertama yang menggelar tur arena keliling dunia. Ia juga mendapat dua nominasi Grammy Awards.

Tim Bergling, alias AVICII

Namun sayangnya, Tim didiagnosa pankreatitis akut karena kebiasaan meminum alkoholnya. Ia mengaku sedikit kesulitan beberapa tahun yang lalu pada Rolling Stone. Ia juga mengaku bahwa ia sangat menyesali kehidupan pestanya.  Di tahun 2014, ia sempat menjalani operasi kantung empedu dan usus buntu. Walaupun begitu, di tahun 2016, ia mengumumkan untuk menghentikan segala turnya karena alasan kesehatan.

Di tahun 2017, ia kembali ke studio dan lahirlah album EP bertajuk AVĨCI (01). Ia menggaet Rita Ora, AlunaGeorge, dan beberapa artis lainnya. Album ini mendapatkan nominasi Grammy. Dan beberapa hari lalu, album ini dinominasikan oleh Billboard Music Award sebagai album Top Dance/Electronic Terbaik.

Kehilangan sang DJ pioner membuat seluruh kawan-kawan sesama DJnya berduka. Diantaranya adalah Calvin Harris, Martin Garrix, Zedd, bahkan DJ yang suka membuat bulan-bulanan padanya, Deadmau5 turut berbela sungkawa.


Begitu juga dengan beberapa artis lainnya seperti Rita Ora yang ikut menyumbangkan suaranya di lagu terkenal di album AVĨCI (01), Madonna, Dua Lipa, Imagine Dragons hingga Adam Lambert, yang ikut menyumbangkan suaranya di lagu Lay Me Down, menyatakan bahwa Tim merupakan “komposer brilian dan memiliki jiwa yang sangat halus.”

Rest in peace, Avicii. Your music will live forever. 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.