Yuk Mengenali Perbedaan Sushi Jepang VS Sushi Amerika

0
40

Dikenal sebagai kuliner Jepang, ternyata Amerika juga turut mengembangkan sushi yang berasal dari Jepang agar cocok untuk disantap dengan lidah ala masyarakat Barat. Bagi kalian penggemar sushi, pasti pernah mengetahui ada banyak jenis sushi yang disajikan di restoran sushi di sekitar kalian, mulai dari Fusion Roll, Nigiri Sushi, Gunkan, Maki, Temari, dan lain-lain.

Dari nama serta bentuknya, bisa diperhatikan bahwa tiap nama memiliki perbedaannya masing-masing. Bahkan kemungkinan, mungkin ada dari kalian yang salah persepsi bahwa tidak selamanya sushi hanya berisi potongan ikan mentah. Keberadaan jenis sushi yang begitu beragam merupakan dampak dari globalisasi.

Asal Usul Kuliner Jepang, Sushi

Tuna Triple Flavor, for a maximum pleasure

A post shared by Genki Sushi Indonesia (@genkisushiindonesia) on

Sebelum mengenal banyak menu sushi yang modern, kini ada baiknya kalian mengenali sushi original yang paling pertama ada di Jepang. Dari namanya sendiri, sushi memiliki unsur kanji masam yang menggambarkan proses fermentasi yang ada dalam pengolahan nasinya. Pada jaman dahulu, ada banyak masakan yang harus difermentasi agar bisa bertahan lebih lama. Maka dari itu, nasi yang biasa digunakan untuk sushi umumnya ditambahkan cuka atau bisa juga dengan sake nasi. Kemudian, nasi yang sudah dimasak dengan cuka ditambahkan potongan ikan segar.

Salah satu jenis sushi yang paling terkenal di Jepang adalah Nigirizushi. Sushi ini sangat simple, hanya berisi nasi putih dengan potongan ikan di atasnya. Namun, bukan berarti sushi yang menjadi andalan masyarakat Jepang ini tidak lezat, karena masyarakat Jepang lebih mengedepankan cita rasa ikan segar di dalam gigitan sushinya. Untuk menambahkan kelezatan sushi tersebut, biasanya bagian ikan segar dari sepotong nigiri sushi tersebut dicelupkan sedikit ke dalam shoyu. Masyarakat Jepang juga lebih menyenangi melahap sushi menggunakan tangan ketimbang dengan sumpit.

It’s nearly dinner time. Have you decided what’s on your dinner menu? . Come and stop by, we have various menu for you from sushi to ramen. Happy eating 🙂 . . Sushi n Washoku Enjoy & tag us your #HachiHachiBistro moment 📍Surabaya – Gwalk, Citraland – Galaxy Mall lt. 4 – Tunjungan Plaza 4 lt. 5 📍Jakarta – Mall Taman Anggrek – Central Park LG Floor 📍Malang – MOG Mall (SOON) . . . #hachihachibistro #sushisurabaya #jakartafood #surabayafoodie #sushi #japanesefood #japanesefusion #kulinersby #salmonsushi #foodporn #foodgasm #kulinersby #jakartafoodies #kulinermalang #promomakanan #promosurabaya #sushijakarta #hungrymaker #malangfoodie #foodblogger #foodbloggerindonesia #family #weekend #happiness #lunch #bento #family

A post shared by Hachi Hachi Bistro (@hachihachibistro) on

Sebaliknya, apabila kalian pernah mencoba Fusion Roll, maka itulah sushi yang dihasilkan dari pertemuan dari berbagai budaya. Salah satu Fusion Roll yang banyak dijual adalah California Roll. California Roll adalah sushi yang umumnya berisi mulai dari crabstick, seaweed, tamago, hingga tobiko. Biasanya juga, sushi versi Amerika juga ada yang disajikan dengan cara digoreng secara deepfried lengkap dengan tepung krispinya. Sangat berbeda dengan sushi asli Jepang yang begitu simple, sushi dari Negara Barat banyak sekali diisi dengan berbagai bahan makanan khas negaranya seperti foie grass, cream cheese, caviar, bahkan jamur truffle.

Nah, setelah mengetahui perbandingan antara sushi Jepang vs sushi Amerika, apa nih pendapat kalian? Kalian lebih suka sushi dengan rasa yang seperti apa guys?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.