Persiapkan Hal ini Sebelum Kamu menjadi Mahasiswa

0
114
mahasiswa, kuliah, SMA, siswa
Sumber https://www.freepik.com

Sahabat inspirasipagi, apakah kamu saat ini masih duduk di bangku SMA? Bagi kamu yang saat ini masih menjalani kehidupan putih abu-abu, pastinya kamu juga memiliki impian untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan, bukan?

Salah satu hal yang wajib kamu pahami adalah kehidupan di dunia kuliah tentu sangat berbeda dengan kehidupan masa SMA. Selain akan bertemu dengan orang yang punya karakter berbeda-beda, saat kuliah kamu juga akan bertemu dengan teman-teman baru yang memiliki latar belakang yang berbeda pula. Bahkan, di masa-masa perkuliahan kamu dituntut agar lebih aktif dan mandiri.

Nah, supaya kamu lebih siap menghadapi dunia perkuliah, setidaknya kamu perlu melakukan 6 hal ini. Apa saja? Yuk simak tips-tips berikut yang berhasil inspirasipagi rangkum:

1. Berdiskusilah dengan Seniormu

Supaya bisa mengerti dunia yang bakal kamu hadapi nanti, salah satu caranya adalah berbicara dengan orang yang berada di dunia itu. Berkenalanlah dengan kakak-kakak kelas di jurusan yang akan kamu ambil nanti, dengan begitu kamu tahu gambaran mata kuliahmu.

Jika kamu masih bingung akan mengambil jurusan apa, kamu bisa googling cerita blog yang ditulis mahasiswa di universitas tujuanmu. Dengan begitu, kamu bisa mengerti kurang lebih keseruan dan kesulitan berbagai jurusan.

2. Kembangkan Bakatmu

Mumpung masih SMA dan tidak memiliki kesibukan super banyak seperti nanti kamu kuliah, ini waktunya untuk mengembangkan skill atau bakatmu. Belajarlah apapun yang kamu mau di masa-masa ini. Ikutilah aneka macam les yang unik. Percayalah, ini semua akan berguna saat kamu sudah di kuliah ataupun untuk memulai karir setelah masa kuliah.

Jika kamu suka olahraga, maka bergabunglah dengan klub olahraga di kotamu. Jika kamu suka membaca dan menulis, bergabunglah dengan klub buku atau sastra. Bergabung dengan klub-klub seperti ini, akan memberimu kesempatan besar untuk mengembangkan hobimu.

Gak cuma itu, kamu juga bisa ketemu dengan berbagai orang, termasuk anak-anak kuliah. Dari situ, kamu bisa mendengar curhatan mereka tentang kehidupan kuliah. Bahkan, dengan cara ini kamu bisa memperluas jaringan pertemananmu. Tidak hanya dilingkup sekolah saja, tetapi juga pertemanan di luar lingkungan sekolah. Siapa tahu juga, bergabung dengan klub akan memberimu peluang karier sebelum masuk kuliah, seperti freelance.

3. Aktiflah Berorganisasi

Berorganisasi merupakan salah satu langkah yang tepat bagi kalian yang ingin mengembangkan soft skill. Percayalah, sekolah tidak melulu untuk mengejar score dalam rapor. Lebih dari itu, di masa putih abu-abu ini kalian sudah seharusnya mempersiapkan skill kalian untuk menghadapi kehidupan kuliah. Melalui cara ini, kalian bisa mengembangkan kemampuan leadership, disiplin dalam mengatur waktu, mengasah kreatifitas hingga meningkatkan kemampuan berkomunikasi atau lobbying. 

Kalian bisa memanfaatkan organisasi yang ada di sekolah, seperti OSIS, Pramuka, Jurnalis, KIR, PMR dan berbagai organisasi ekstrakulikuler lainnya.

4. Ikuti Program Magang

Beberapa perusahaan membuka kesempatan kamu untuk magang dan merasakan dunia kerja. Rata-rata magang punya syarat minimal tiga bulan. Jika waktu nganggurmu cukup lama, kamu bisa menggunakan cara berikut ini.

Pengalaman magang ini akan sangat bagus untuk portfoliomu nanti. Karena kamu punya pengalaman kerja bahkan sebelum masa kuliah, perusahaan pasti akan lebih memprioritaskanmu dibandingkan fresh graduate lainnya.

5. Mulai buat Portofoliomu

Siapa bilang portofolio baru bisa dibikin setelah lulus kuliah? Gak juga lho, justru saat kamu menunggu masa kuliah ini waktunya membuat portofoliomu. Kamu bisa memasukkan berbagai pengalaman organisasimu di sini.

Kalau kamu sempat menjalani magang sebelum masuk kuliah, info ini juga bisa kamu masukkan. Meng-update portofolio sekarang akan menolongmu untuk cepat mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah, percaya deh!

6. Berliburlah

Sebelum kamu disibukkan dengan tugas-tugas kuliah, belum ujian dan macam-macam lainnya, pergi berliburlah dulu. Ini akan membuat pikiranmu refresh dan lebih siap menghadapi tugas-tugas kuliah. Selain itu, dengan berlibur kalian juga bisa menikmati waktu me time dengan merefleksikan apa saja yang sudah kalian capai di bangku SMA. Hal terpenting lain dari berlibur adalah kalian dapat belajar melihat dan memahami realitas sosial yang ada dalam masyarakat. Seru bukan?

Selamat buat kamu yang sudah menjalani ini semua, karena mungkin kamu akan lebih siap menghadapi kehidupan di bangku perkuliahan.

Baca juga informasi menarik lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.