Podcast, Radio dengan Kemasan Baru

0
254
podcast

Podcast merupakan sebuah terobosan baru untuk mengemas sebuah konten dalam bentuk audio bahkan video. Memiliki kesamaan layaknya radio, namun bedanya adalah kita bisa memilih konten apa yang ingin didengarkan. Selain itu kita juga bisa mendengarkan materi dengan lebih khidmat karena tidak akan ada iklan yang menyela. Ingin tahu lebih dalam tentang produk audio ini?

Baca Juga: Pasar Tetangga, Ajang Berkenalan Dengan Tetangga Sekitar Sambil Berbelanja

Mengenal radio masa kini

Kaum millenial pasti sudah sangat familiar dengan terminologi yang satu ini. Tapi, siapa sangka podcast merupakan penggabungan kata Ipod dan broadcast. Mengapa Ipod? Karena rekaman suara ini awalnya diluncurkan oleh Apple untuk pengguna setia Ipod.

Apple mengawali idenya dengan melakukan proses penyederhanaan radio dan kontennya menjadi sebuah hal yang bisa diunduh dimanapun dan didengarkan kapanpun. Voila! Praktik ini rupanya digemari oleh para konsumen dan menjadi semakin berkembang tiap tahunnya.

Baca Juga: YES Surabaya 2019 : Anak Muda Harus Berwirausaha

The truth behind

Setelah mengadakan sebuah riset pada 100 followers akun Instagram, 88 orang diantaranya mengaku sebagai pendengar setia podcast. Sebagai catatan, seluruh followers masih dalam rentang usia 18 hingga 24 tahun ya! Tidak heran jika podcast sangat unggul dalam polling ini, karena mayoritas pendengar di dunia adalah generasi Y dan Z. Walaupun begitu, 25 orang masih berpegang teguh pada nilai tradisional, yakni mendengarkan radio sebagai pemecah kebuntuan.

Dari jumlah tersebut, diketahui bahwa kebanyakan pendengar menjadikan Spotify sebagai sumber rekaman audio berkonten ini. Tidak hanya Spotify, Soundcloud yang menjadi platform streaming lagu juga menjadi incaran pendengar lho! Selain platform di atas, masih banyak lagi situs dan aplikasi penyedia podcast yang bisa kamu kunjungi. What a great influence it is!

Baca Juga: Uninstall BukaLapak, Muncul LupaBapak, TutupLapak

Podcast telah berhasil memberi warna baru di dunia broadcasting pada era ini. Produk rekaman audio ini menjadi booming tidak hanya karena fleksibilitasnya, namun juga orisinalitas yang diusung oleh setiap pembuatnya. Akhirnya, Millenials yang haus akan inspirasi dan hiburan dengan gaya baru mendapatkan jawaban instan melalui podcast

loading...