Simpel, 5 Jenis Olahraga Ini Bisa Dilakukan di Rumah

0
15
olahraga di rumah

Kesehatan adalah anugerah paling mahal yang bisa kita dapatkan, begitulah slogan terkenal yang sering kita dengar. Siapa yang tidak ingin sehat? Di saat badan kita sehat, kita jadi bebas melakukan aktivitas apapun. Untuk menjadi sehat kamu hanya perlu menjaga pola hidup sehat setiap harinya, mulai dari mengonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, serta olahraga yang teratur. Dari ketiga hal tersebut, olahraga adalah hal yang jarang dilakukan sebagian besar orang. Jadwal yang padat dan tidak adanya fasilitas olahraga kerap membuat mereka melewati aktivitas olahraga. Namun, tidak perlu khawatir. Tanpa adanya fasilitas olahraga layaknya tempat gym, kamu juga bisa melakukan kegiatan positif satu ini di rumah.

Plank

Plank adalah posisi dimana seseorang melakukan push up dengan kedua tangan termasuk siku untuk menahan badan di atas lantai atau tanah dengan waktu tertentu. Ada beberapa macam pose yang dapat kamu lakukan dalam plank, seperti high plank, knee plank, elbow plank, dan elbow plank with raised leg. Pose yang dikenal banyak orang adalah pose elbow plank dan high plank. Dengan melakukan plank, manfaat yang didapatkan adalah memperbaiki postur tubuh, menigkatkan kelenturan tubuh, dan mengencangkan otot-otot perut.

Baca juga: Seputar olahraga lari yang perlu kita ketahui

Wall sits

Wall sits merupakan latihan saat badan disandarkan di depan dinding dengan posisi duduk selama beberapa waktu. Latihan ini memfokuskan pada tubuh bagian bawah seperti pinggul, betis, paha, dan perut bagian bawah. Dengan melakukan latihan ini secara rutin, tubuh bagian bawah akan lebih kencang dan kuat.

Naik turun tangga

Bagi kamu yang memilik tangga di rumah, tidak ada salahnya melakukan aktivitas olahraga dengan menggunakan tangga. Caranya yakni dengan naik-turun seperti halnya kamu naik tangga. Hanya saja aktivitas ini dilakukan secara berulang-ulang. Olahraga ini bermanfaat untuk membakar kalori, mengontrol kadar gula darah, mencegah penyakit jantung, serta dapat memperkuat otot dan tulang.

Push up

Push up adalah salah satu jenis olahraga yang sering dilakukan banyak orang. Posisi melakukannya adalah tengkurap dengan kedua tangan dinaik-turunkan secara berulang-ulang. Push up berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep. Latihan ini akan membantumu untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, menguatkan otot bahu, dan juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Baca juga: 5 Olahraga Mudah untuk Kaum Anti-Ribet

Sit up

Sit up merupakan olahraga ringan dengan posisi duduk di lantai dan dilakukan secara berulang. Dengan latihan yang rutin perut kamu akan terlihat six-pack karena aktivitas ini memfokuskan pada otot-otot bagian perut.

Dengan melakukan olahraga ringan tersebut, tubuh akan menjadi lebih sehat. Selain tidak memerlukan fasilitas khusus, kelima jenis olahraga di atas juga memiliki langkah-langkah sederhana untuk diikuti. Jadi, sekarang bisa mulai melakukan salah satu olahraga ringan di atas ya!

loading...