Lanjut Studi ke Jerman, Wajib Ikut Studienkolleg?

0
179
studienkolleg

Jerman merupakan sebuah negara di benua Eropa yang memiliki posisi penting di bidang ekonomi maupun politik dunia. Tak hanya sektor tersebut, Pendidikan menjadi salah satu lahan yang berkembang pesat dan mampu menarik perhatian masyarakat global. Pemerintah setempat pun memberikan peluang bagi siapapun yang ingin merasakan pendidikan lanjutan di Jerman dengan menyediakan beasiswa secara penuh. Tetapi untuk mendapatkan beasiswa tersebut tak semudah yang dibayangkan, kamu harus menjalani rangkaian proses. Salah satunya adalah penyetaraan pendidikan yang dikenal dengan sebutan studienkolleg. Apa dan bagaimana sih studienkolleg itu? Yuk, cari tau disini!

Baca Juga: Kunci Sukses Maudy Ayunda: Menguasai Keterampilan Bahasa

Studienkolleg

Sebelum mengenyam bangku perkuliahan di Jerman, kamu WAJIB ikut kelas persiapan dulu nih. Kelas persiapan atau penyetaraan ini disebut dengan studienkolleg. Untuk mengikuti kelas ini pastikan kamu telah memiliki bekal bahasa Jerman yang mumpuni karena bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Jerman. Setelah mengikuti 2 semester atau satu tahun lamanya belajar di studienkolleg, kamu akan dihadapkan dengan ujian yang akan menjadi tolak ukur layak atau tidaknya kamu melanjutkan studi di Jerman. Nah, jika tidak lolos dalam ujian pertama kamu bisa mengikuti ujian berikutnya. Namun, perlu diingat bahwa program ini hanya bisa kamu ikuti selama 2 tahun ya!

Baca Juga: Menggubah Rasa Jadi Kata Dalam Menulis Kuliner Yang Menggiurkan

Pembagian Kelas

Kelas dibagi dalam 5 kategori berbeda untuk program penyetaraan ini. Kamu harus memilih kelas sesuai dengan jurusan yang akan kamu pilih di Universitas. Apa saja kelasnya? Pertama, T-Kurs yang terdiri dari bahasa Jerman, Matematika, Kimia, Fisika, dan TIK diperuntukkan kalian yang ingin mengamil jurusan teknik. Kedua ada W-Kurs untuk calon mahasiswa ilmu Bisnis dan Ekonomi yang mempelajari Bahasa Jerman, Matematika, Ekonomi, Bisnis, Ilmu Sosial, dan bahasa Inggris. Ketiga ada M-Kurs untuk kamu yang tertarik dengan dunia Biologi dan kedokteran. Di sana kamu akan belajar bahasa Jerman, Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi. Lalu, ada G-Kurs untuk jurusan Budaya, Sastra, dan Seni yang akan pelajarannya meliputi bahasa Jerman, Sejarah, Ilmu Sosial, Sastra Jerman, dan Bahasa Inggris. Terakhir ada S-Kurs untuk kamu yang ingin belajar Sastra Asing. Disana kamu akan menemukan pelajaran bahasa Jerman, Sejarah, bahasa asing, ilmu sosial, dan sastra Jerman.

Baca Juga: Toron Semalem, Destinasi Pilihan untuk Akhir Pekan

Semakin tertarik dan tertantang untuk melanjutkan studi ke Jerman? Kamu bisa siapkan dirimu dari sekarang untuk meraih cita-citamu!

loading...