Toron Semalem, Destinasi Pilihan untuk Akhir Pekan

0
67
toron semalem

Mengagumi rumah adat dari Papua yang sering disebut rumah Honai? Kini, warga Jawa Timur tidak perlu jauh- jauh ke timur Indonesia untuk melihatnya.  Cukup ke pulau Madura dan temukan perkampungan Toron Semalem yang masih terbilang baru dikembangkan. Perkampungan yang sebelumnya merupakan bekas penambangan batu bata berhasil disulap menjadi kampung wisata yang menarik oleh warga sekitar, lho! Penasaran?

Baca Juga: Yuk, Mandangin Keindahan Pulau Mandangin!

Lokasi Kampung Toron Semalem

Terletak tak jauh dari jantung kota Pamekasan membuat kampung ini mudah dijangkau oleh turis domestik. Lebih tepatnya kampung ini berada di desa Blumbungan, kecamatan Larangan. Keindahan kampung wisata ini dapat dijangkau dengan menempuh perjalanan sekitar 5,5 km ke utara kota Pamekasan. Kamu bisa mengendarai kendaraan pribadi baik mobil ataupun motor. Namun, karena masih terbilang baru, akses ke daerah tersebut masih perlu pembenahan lebih lanjut. Jadi, kamu harus lebih sabar ya untuk bisa sampai ke perkampungan ini.

Baca Juga: Berkeliling Melakukan Invetigasi Mitos & Mistis di Kisah Tanah Jawa

Fasilitas

Kampung yang masih dalam tahap pengembangan ini cukup cepat dalam berbenah. Hal itu dapat kamu buktikan ketika melihat sejumlah lapak yang berjualan makanan dan minuman. Selain itu, kamu bisa menikmati keindahan pemandangan dari bukit kampung Toron Semalem dengan bersantai di rumah alang-alang yang menjadi daya tarik utama kampung ini. Dari bukit tersebut akan terlihat hamparan lautan biru nan cantik yang mengelilingi pulau Madura. Kedepannya, warga sekitar bersama pengelola dan pemerintah setempat akan menambahkan beberapa wahana permainan serta kolam pancing dan kolam renang. Dengan begitu, kampung wisata ini akan dapat dinikmati oleh semua kalangan baik anak- anak hingga orang dewasa. Tetapi untuk saat ini, yang menjadi daya tarik dari kampung ini adalah keindahan alam serta bangunannya. Sehingga, tak heran jika banyak pengunjung yang nampak mengambil gambar baik selfie maupun wefie bersama keluarga dan kerabat.

Baca Juga: Bebek Songkem, Alternatif Olahan Bebek dari Madura

Meski belum resmi diluncurkan sebagai desa wisata, kampung Toron Semalem sudah menyedot antusiasme warga Madura dan sekitar. Dengan besarnya minat pengunjung, anak- anak muda desa setempat dibantu dengan pengelola akan membuat inovasi- inovasi baru. Sehingga, warga Jawa Timur bisa merasakan sensasi berada di perkampungan Papua meskipun belum bisa terbang langsung kesana.

loading...