Macam Teh Herbal dan Manfaatnya untuk Tubuh

0
34

Teh nyatanya melalui sejarah panjang hingga akhirnya bisa kita nikmati seperti sekarang. Dulu daun teh banyak digunakan sebagai bumbu masak, pengobatan, atau hiasan pada kue. Hingga akhirnya pada suatu waktu orang-orang menemukan bahwa daun teh yang dipadukan dengan air bisa menghasilkan minuman yang ‘mewah’ dan berkualitas tinggi.

Dalam sejarah Cina dan Inggris, teh menjadi minuman kesukaan para raja dan bangsawan. Saat ini teh kian populer apalagi sejak kemunculan teh herbal yang kaya manfaat serta disukai banyak orang. Teh herbal memiliki banyak jenis dan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Dari sekian banyak variasi tersebut, hanya teh oolong, teh hijau, dan teh hitam saja yang benar-benar asli berasal dari daun teh, camellia sinensis.

Bagaimana dengan variasi teh lainnya? Mereka bisa berasal dari macam-macam bagian tanaman seperti bunga atau buah yang dikeringkan. Bisa juga berasal dari rempah-rempah atau masih banyak lagi. Keunikan ini membuat variasi teh herbal menjadi kian disukai khalayak luas. Sejarah dan variasi sudah dibahas, mari kita membahas manfaat teh herbal berdasarkan jenisnya. Penasaran? Berikut ulasannya.

Teh Herbal Rooibos

Berasal dari Afrika Selatan, teh ini berasal dari daun tanaman dengan nama yang sama yakni Rooibos. Manfaat teh rooibos adalah untuk menurunkan kolesterol serta tekanan darah tinggi. Beberapa studi menyebutkan bahwa mengonsumsi teh rooibos dengan dosis pas dan rutin bisa mencegah penyakit jantung.

Baca Juga: Manfaat Teh Hijau untuk Kulit

Black Tea

Daun teh yang melalui proses oksidasi sempurna kemudian akan menghasilkan variasi teh yang kita kenal sekarang sebagai teh hitam. Black tea atau teh hitam ini mengandung teofilin yang bisa meningkatkan aliran darah dalam pembuluh darah, sehingga membantu tubuh untuk mempertahankan tekanan darah yang stabil. Manfaat lainnya adalah untuk melindungi paru-paru dari asap rokok bagi para perokok pasif.

Teh Herbal Peppermint

Sedang naik daun, teh peppermint banyak digilai khususnya muda-mudi di dunia. Berasal dari daun peppermint yang memang sudah terkenal akan manfaatnya, teh ini juga memiliki khasiat tersendiri. Daun peppermint sendiri memiliki kandungan antioksidan, antikanker, dan antibakteri. Beberapa bukti menyebutkan bahwa teh peppermint efektif untuk mengatasi masalah sistem pencernaan seperti  mual dan sakit perut.

Teh Herbal Chamomile

Punya masalah tidur? Maka teh chamomile bisa jadi solusi tepat. Teh ini memang sudah terkenal akan efek penenang sangat cocok digunakan untuk mempermudah proses terlelap. Sebuah studi menyatakan bahwa beberapa orang pengidap insomnia mengalami penurunan terbangun di malam hari setelah meminum teh chamomile.

Suka teh yang mana ini, Sahabat Pagi?

loading...