Inilah 4 Cara Mengurangi Overthiking Demi Kesehatan Mentalmu

0
95

Pernahkah Anda berasa di situasi khawatir secara terus-menerus? Membayangkan hal-hal buruk yang belum terjadi? Atau kesulitan mencoba hal baru karena khawatir salah melangkah? Jika iya, sepertinya Anda memiliki kebiasaan overthinking. Anda terlalu takut dan khawatir dengan sesuatu hingga membuat diri sendiri cemas.

Kebiasaan overthinking dapat merugikan diri. Mengapa? Karena membuang waktu Anda. Dengan terus memikirkan suatu hal, energi Anda malah terkuras. Hal tersebut membuat Anda malas melakukan banyak hal yang lebih penting. Akhirnya hati Anda tidak tenang. Anda diliputi bayang-bayang ketakutan. Inilah yang akan membuat kesehatan mental terganggu serta dapat mempengaruhi kesehatan fisik.

Sebagai orang yang ingin produktif tentu Anda tidak ingin dihambat dengan kebiasaan overthinking bukan? Oleh karenanya inilah 4 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kebiasaan overthinking yang dapat mengganggu kesehatanmu:

  1. Mencari tahu penyebab overthinking

Coba luangkan waktu sejenak untuk merenungkan apa yang membuat Anda menjadi cemas terhadap sesuatu. Siapa tahu Anda dapat menemukan hal-hal yang menghambar diri untuk melangkah memutuskan sesuatu. Atau barangkali ada orang-orang disekitar Anda yang menjadi penghambat diri.

  1. Melakukan hobi

Daripada mengeluarkan energi untuk takut lebih baik Anda menyalurkannya ke hobi. Anda dapat mulai melakukan hobi yang selama ini belum dilakukan, missal melukis, travelling ke tempat-tempat baru dan memasak makanan kesukaan.

  1. Olahraga

Dengan berolahraga tubuh tidak hanya menjadi sehat namun akan menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Tubuh akan melepaskan hormon stress dan memompa hormone bahagia yang membuat Anda menjadi lebih rileks.

  1. Perbanyak ambil tindakan

Ovethinking membuat Anda tidak produktif. Selama ini Anda terus berpikir serta cemas dengan langkah yang harus diambil. Padahal jika memperbanyak ambil tindakan dalam menyelesaikan sebuah masalah akan mengurangi kebiasaan overthinking ini. Anda akan lebih fokus menyelesaikan masalah daripada memikirkannya tanpa solusi.

Inilah tips yang dapat membantu Anda mengurangi kebiasaan overthinking. Anda dapat memulai menerapkan 4 langkah praktis ini dalam kehidupan sehari-hari. Hasilnya kedamaian hati dan ketenangan pikiran dalam menyelesaikan masalah lah yang di dapat. Selamat mencoba!

Baca juga:

Hindari Stress Saat Menghadapi Pekerjaan
Efek Buruk Stress bagi Kesehatan Rambut dan Kulitmu
Permainan Sederhana untuk Atasi Stress dan Cemas
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.