Tips Cegah Karat pada Rangka Baja

0
47

Sama halnya dengan kayu, baja menjadi salah satu unsur penting dalam membangun rumah atau hunian lainnya. Baja dipilih karena lebih awet dan antikarat. Sedangkan penggunaan dengan kayu mudah keropos. Walaupun baja sendiri memiliki lapisan antikarat, tidak menutup kemungkinan suatu saat baja juga akan berkarat. Karat ini nantinya akan berpengaruh bangunan Anda. Berikut tips cegah karat pada rangka besi untuk hunian Anda.

  • Lapisi dengan Cat

Jika lapisan antikarat ini tergores dan terkena udara, atau karena pemotongan yang salah dan bekas sambungan yang terbuka, tak menutup kemungkinan baja akan mudah berkarat. Hal ini juga bisa dicegah dengan mengurangi kesalahan pada pemasangan rangka baja. Karena karat sendiri terjadi karena adanya reaksi kimia dengan udara. Cara mencegah baja berkarat adalah mengecat permukaan baja yang terbuka.

Baca Juga : Cara Efektif Hilangkan Mata Panda Bagi Pria

  • Hindari Panas dan Hujan

Keadaan cuaca yang tidak menentu sekarang ini juga dapat membuat baja mudah berkarat. Kenapa bisa? Jika cuaca yang sering panas atau sering hujan secara terus menerus akan membuat daya tahan lapisan antikarat pada baja semakin berkurang. Hal ini akan membuat karat lebih cepat datang dari waktu seharusnya. Ada baiknya jika baja yang akan digunakan ditempatkan di dalam ruangan tertutp dan hindari proses pembangunan di musim hujan.

  • Hindari Cairan Asam

Pada dasarnya baja jika terkena dengan cairan asam akan mudah berkarat. Oleh karena itu, saat penyimpanan rangka baja untuk pembangunan rumah atau hunian lainnya, ada baiknya Anda hindari semua cairan yang bersifat asam seperti halnya produk pembersih lantai.

Baca Juga : Yuk, Beralih ke Material Bangunan Ramah Lingkungan!

  • Lapisi dengan Oli atau Minyak

Jika Anda tidak begitu memperhatikan estitika dalam pembangunan, melapisi baja dengan oli atau minyak bisa jadi pilihan. Melapisi baja dengan oli atau minyak akan membuat baja tahan lama dan mencegah berkarat.

Nah, tips di atas merupakan hal yang bisa Sahabat Inspirasipagi pilih untuk menghindari rangak besi yang berkarat dalam membangun rumah atau bangunan lainnya. Jika butuh pemilihan baja ringan untuk bangunan, pilih Kencana Indonesia saja.

loading...