4 Trik Mudah Agar Anak Gemar Membaca

0
175
Multi ethnic group of pre school students in classroom

Memiliki anak gemar membaca tentulah impian bagi semua orangtua. Membaca memiliki banyak manfaat. Tidak hanya dapat menumbuhkan minat baca sejak dini, membaca juga dapat memperluas kosa kata dalam berbicara dan mempersiapkan anak untuk lebih percaya diri ketika masuk sekolah.

Sayangnya di Indonesia budaya  gemar  membaca buku belum maksimal dilakukan. Menurut Kompas.com (29/8/2017), studi “Most Littered Nation In the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016, menunjukkan Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara dalam hal gemar membaca.

Masalah sulitnya anak gemar membaca ada di tangan orangtua. Para orangtua terkadang bingung bagaimana sih cara agar anak gemar membaca sejak usia dini. Banyak yang mengatakan membiasakan anak membaca bukanlah perkara mudah.

Oleh karena itu penulis ingin berbagi trik pada orangtua  agar anak gemar membaca berikut ini:

  1. Orangtua harus mulai gemar membaca di depan anak

Hal pertama yang harus dilakuka para orangtua adalah membaca buku di depan anak mereka. Boleh membaca koran, majalah dan buku.

  1. Ajak anak membaca bersama

Sebaiknya para orangtua dan anak punya waktu untuk membaca bersama. Dalam proses ini biarkan anak menentukan buku bacaan apa yang akan dibacanya.

  1. Diskusi tentang isi buku bersama anak

Agar anak makin gemar membaca, buatlah diskusi ringan tentang isi buku yang telah dibaca oleh anak. Orangtua bisa memulai dengan bertanya, “bagaimana pendapatmu tentang buku ini? Hal apa yang kamu sukai?”

  1. Biasakan mendongeng pada anak

Mendongengkan kisah pahlawan, legenda atau bahkan sejarah akan membuat anak penasaran. Orangtua dapat menyodorkan buku-buku yang membuat anak menjadi penasaran lalu tertarik untuk membaca.

Inilah trik yang bisa dilakukan para orangtua agar anak gemar membaca. Kunci utama keberhasilan trik ini terletak di tangan para orangtua. Jika orangtua gemar membaca di depan anak tentu anak dengan sendirinya akan meniru.

Baca juga:

Manfaat Membaca untuk Peningkatan Kualitas Diri
Mengembangkan Komunikasi pada Anak Usia 3 Tahun
Pahami 3 Tipe Belajar Sang Buah Hati
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.