Yuk kenali bagian-bagian sepatu sneakers

0
240
snakers-vans

Yuk kenali bagian-bagian sepatu sneakers – Bagi anak-anak muda pasti sudah banyak yang tahu sepatu sneakers. Bahkan mungkin setiap hari mengenakan sepatu sneakers untuk aktifitas sehari-hari. Selain warnanya yang beragam, bentuk model dari sneakers pun juga menjadi alasan kenapa banyak yang menyukainya. Namun, tak banyak yang mengenali nama bagian-bagian dari sepatu sneakers secara umum. Yuk langsung simak penjelasan pada setiap bagiannya!

anatomi-sneakers

Bagian-bagian pada sneakers secara umum

Tongue / lidah

Bagian tengah pada sepatu yang berbentuk mirip dengan lidah ini pada umumnya empuk dan berada dibalik tali sepatu. Tongue ini berfungsi untuk kenyamanan kaki sebagai peredam kencangnya tali sepatu sehingga tetap nyaman kita gunakan meskipun kita mengikat tali sepatu dengan erat.

Eyestay / lubang tali sepatu

Bagian ini berfungsi untuk mengaitnya tali sepatu supaya kita bisa mengatur kencangnya tali pada sepatu. Bagian ini tidak ditemukan pada sepatu sneakers tipe slip on.

Shoe lace / tali sepatu

Bagian ini biasa kita sebut tali sepatu. Berfungsi sebagai pengencang pada sepatu.

Toe box

Bagian yang terletak pada depan ujung sepatu tepatnya diatas jari kaki. Biasanya berbahan rubber atau suede dan terdapat lubang kecil untuk sirkulasi udara (tergantung pada tipe sepatu).

Insole

Bagian ini terdapat pada bagian dalam sepatu. Berbentuk sesuai dengan ukuran sepatu dan berfungsi untuk meredam beban tubuh sehingga terasa nyaman ketika digunakan untuk menapak. Bagian ini biasanya juga dapat dilepas namun tergantung pada tipe sepatunya.

Midsole

Bagian ini merupakan kerangka utama pada sepatu sneakers. Posisinya tepat berada diatas outersole dan berfungsi untuk membentuk bentuk sepatu sehingga nyaman ketika sepatu digunakan.

Outersole (sole)

Bagian ini biasa kita sebut dengan sole dan bentuknya yang seperti waffle atau bergerigi berguna supaya sepatu tidak licin ketika digunakan.

Upper / bagian atas

Bagian ini berada diatas midsole. Bagian upper memiliki bentuk dan bahan yang beragam tergantung pada tipe sepatu. Bagian ini juga cukup dominan sebagai pertimbangan orang-orang dalam membeli sepatu.

Itulah beberapa bagian pada sepatu sneakers pada umumnya. Ada pula beberapa bagian yang mungkin hanya ada pada tipe dan merk sepatu tertentu. Selain memilih model dan bentuk sepatu, kita juga harus pintar memilih kualitas sepatu sebelum kita gunakan untuk aktifitas sehari-hari.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.