Dua Kuliner Bebek Madura Legendaris Yang Wajib Dicoba

0
156

Kuliner bebek menjadi salah satu kuliner lokal yang menjadi favorit banyak orang Indonesia. Gurihnya daging dan kulit bebek bisa dibilang nomor satu saat dibandingkan dengan ayam. Terlebih, saat melewati proses memasak yang tepat tentu akan semakin menambah citarasa kuliner bebek. Bahkan daging bebek yang alot pun bisa dilunakkan agar menjadi lebih ramah dikunyah.

Banyak cara untuk mengolah bahan makanan yang satu ini, mulai dari digoreng, dibakar, hingga dipadukan dengan rempah-rempah. Setiap daerah pun berlomba-lomba untuk memiliki keahliannya sendiri dalam mengolah kuliner bebek agar menjadi yang terfavorit, salah satunya adalah Pulau Madura.

Pulau yang disatukan dengan Surabaya dengan sebuah jembatan Suramadu ini memiliki dua kuliner bebek Madura yang legendaris. Yang pertama adalah Bebek Sinjay, dan yang satunya, Bebek Songkem. Kedua bebek ini diolah dengan cara masing-masing, hingga bisa menawarkan sebuah citarasa yang unik di tiap gigitannya.

Bebek Goreng Madura Ala Bebek Sinjay

Panwayan

Bebek Sinjay merupakan salah satu bebek yang namanya sudah tersohor hingga Surabaya. Bahkan kini Bebek Sinjay telah memiliki beberapa cabang di Surabaya. Berangkat dari Madura, Sinjay menawarkan sebuah sajian bebek goreng sederhana yang dibarengi dengan sambal pencit alias sambal mangga muda, koyah, serta potongan jeroan. Namun, jangan salah, bebek goreng ala Sinjay ini diyakini memiliki bumbu yang meresap hingga ke tulangnya juga telah melewati proses penggorengan yang pas hingga kriuk luarnya. Tapi, sebelum kalian bisa mencicipi kelezatan legendaris bebek dari Bangkalan ini kalian harus sabar mengantri.

Bebek Rendah Kolestrol Ala Bebek Songkem

Bebek Songkem Pak SaIim

Kemudian, bebek yang kedua adalah Bebek Songkem. Berbeda dengan Bebek Sinjay yang disajikan dengan digoreng hingga kering, Bebek Songkem menyajikan bebeknya dengan proses kukus. Lebih spesialnya lagi, Bebek Songkem ini dikukus dengan menggunakan batang pisang selama 3 jam. Tentu dengan proses memasak yang begitu rumit, bumbu bebek yang telah dibalurkan akan menjadi lebih meresap. Tidak hanya itu, bahkan pemilik Bebek Songkem pun membeberkan fakta bahwa Bebek Songkem merupakan kuliner bebek yang rendah kolestrol. Bebek ini disajikan berwarna hitam masih dalam kondisi terbungkus daun pisang serta sudah berbalur bumbu dan sambal.

Dua bebek madura ini memang telah tidak terbantahkan kelezatannya. Masing-masing menu memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Kira-kira menu bebek madura mana yang menjadi favorit kalian?

Baca artikel inspiratif lainnya:

Many Pany Pancake & Waffle, Mencicipi Waffle Lezat Di Surabaya

Berbagai Macam Pizza Italia, All Time Favourite Dari Banyak Orang

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.