Cara Jitu Atasi Mata Lembab dengan Praktis dan Mudah

0
39
mata sembab
Sumber https://mediskus.com/

Mata sembab atau membengkak di sekitar mata biasanya disebabkan Anda baru begadang semalaman untuk menyelesaikan tugas kerja yang menumpuk ataupun ketika Anda sedang terserang flu. Atau bisa juga karena Anda baru menangis berjam-jam. Mata yang sembab biasanya dapat memancing rasa keingintahuan orang lain. Tentunya hal ini dapat membuat rasa percaya diri Anda terusik. Apalagi jika orang-orang di sekitar Anda menaruh curiga. Hal itu membuat Anda risih bukan?

Nah untuk mengatasinya, ada beberapa tips berikut ini yang patut Anda coba. Simak yuk..

  1. Es batu

Es batu merupakan cara klasik yang sering digunakan oleh banyak wanita untuk mengatasi mata sembab. Caranya mudah dan sederhana, cukup kompres mata dengan es batu beberapa saat. Untuk mempercepat prosesnya, Anda harus membilas wajah dengan air dingin terlebih dahulu. Sedangkan jika kebetulan Anda tidak mempunyai es batu di dalam kulkas, gunakan sendok yang sudah dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kulkas. Setelah sendok menjadi dingin, barulah kompreskan sendok ke bagian sekitar mata yang sembab.

  1. Mentimun

Kandungan astringet di dalam mentimun dapat membantu menyegarkan mata yang bengkak. Caranya, dinginkan dua irisan mentimun di dalam kulkas lalu kompreskan di kelopak mata selama sekitar 15 menit. Mata Anda pun terasa lebih rileks.

  1. Teh celup

Teh celup juga dapat mengatasi mata membengkak. Alangkah baiknya Anda menggunakan teh hijau atau teh hitam, sebab mengandung lebih banyak kafein. Zat kafein bisa membantu mengurangi pembengkakkan.

Caranya:

  • Ambil dua kantung teh celup, lalu celupkan ke air panas selama 1-2 menit.
  • Setelah itu angkat dan tiriskan dari air yang masih terserap. Tunggu beberapa saat sampai kantong teh menjadi hangat.
  • Lalu kompreskan ke kelopak mata, lupa tutup dengan kain selama 5-10 menit.
  1. Garam

Untuk menyembuhkan mata sembab, Anda juga bisa mencampurkan setengah sendok teh garam dalam seperempat liter air putih. Kemudian, celupkan kapas kedalam campuran tersebut. Setelah itu dan kompreskan ke mata.

  1. Kentang

Kentang juga dipercaya dapat mengatasi mata sembab. Caranya:

  • Kupas kentang segar lalu cuci.
  • Parut halus.
  • Setelah itu, bungkus parutan kentang dengan selembar kain.
  • Lalu kompreskan pada mata yang bengkak.
  1. Minum air putih

Setelah Anda mencoba salah satu tips di atas. sebisa mungkin Anda juga harus minum banyak air putih.Memang banyak minum air putih tidak akan dengan instan mengempiskan mata yang bengkak, namun dengan meminum banyak air putih, dapat mempercepat proses pengempisan mata bengkak.

  1. Hindari makan makanan asin/mengandung garam

Makanan asin biasanya mengandung natrium. Sedangkan kelebihan natrium dapat meningkatkan retensi air yang menyebabkan mata menjadi lebih bengkak. Retensi adalah kondisi saat tubuh mempertahankan air dalam tubuh sehingga menimbulkan pembengkakan.

Bagi Anda yang peduli terhadap penampilan dan dibutuhkan dalam situasi penting, tips di atas semoga bermanfaat ya!

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here