Cotton bamboo, Bahan kain yang lebih ramah lingkungan!

0
134
Cotton-Bamboo

Cotton bamboo, Bahan kain yang lebih ramah lingkungan! – Cotton bamboo merupakan jenis kain yang terbuat dari serat katun, yang membedakan jenis kain ini adalah bahan pembuatan kain yang terbuat dari serat bambu bukan dari serat kapas seperti bahan kain katun pada umumnya. Itulah alasan kenapa disebut Cotton bamboo.

Bahan kain Cotton bamboo cocok untuk dijadikan kaos

Cotton bamboo juga memiliki tekstur yang lembut, lentur, dapat menyerap air dengan baik dan ringan sama halnya dengan bahan kain dari serat kapas. dengan menggunakan teknologi garmen yang canggih dapat membuat serat bambu yang kasar dibuat lebih lembut.

 

serat-bambu-&-serat-katun

Dari beberapa sumber mengatakan bahwa Cotton bamboo memiliki kelembutan yang mirip dengan Cashmere Wool. Cashmere Wool adalah jenis kain wol yang dibuat dari bulu domba.

Lalu apa keunggulan dari jenis kain Cotton Bamboo?

Keunggulan bahan kain Cotton Bamboo

Berdaya serap tinggi dan cepat kering

Jika dijadikan kaos bahan Cotton Bamboo akan sangat cocok karena dapat menyerap keringat dengan cepat serta cepat kering. Tentu akan membuat kita lebih nyaman ketika mengenakannya.

Serat bambu memiliki kemampuan kapilaritas yang sangat tinggi. Sehingga membuat penyerapan air lebih cepat dan melepasnya kembali ke udara. Karena sifatnya yang cepat kering sehingga bahan kain ini tidak lembab dan sangat cocok digunakan di daerah tropis seperti di indonesia.

Bahan anti bau

Karena sifatnya yang dapat menyerap keringat dengan cepat dan tidak membuat lembab, bahan ini tentu bersifat anti bau karena mampu menyerap formaldehyde, benzene, toluene, ammonia, dan bahan-bahan lain yang dapat menimbulkan bau.

Bahan yang tidak menimbulkan alergi

Beberapa orang mungkin memiliki kulit yang sensitif dan mudah alergi yang disebabkan oleh kelembaban yang tinggi. Karena mudahnya penyerapan keringat pada bahan ini maka akan memperkecil kemungkinan berkembangnya bakteri atau kutu pada pakaian yang dapat menimbulkan alergi.

Bahan kain yang ramah lingkungan

Bambu merupakan tumbuhan yang sangat cepat tumbuh dan hanya membutuhkan air hujan untuk tumbuh. Bambu juga tidak memerlukan pestisida untuk menjaganya dari gangguan hama. Selain itu, bambu juga tidak perlu perlakuan khusus dalam pelestariannya.

Bahan kain dari serat bambu juga sangat mudah terurai. Sangat ramah lingkungan karena tidak meninggalkan limbah yang sulit untuk diurai oleh alam.

Itulah keunggulan-keunggulan dari bahan Cotton bamboo. Selain untuk kaos, bahan ini juga sangat cocok untuk dijadikan kaos kaki, pakaian anak, pakaian dalam dan masker karena sifatnya yang lembut serta anti lembab.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.