Denim dan jeans, apakah keduanya sama?

0
91
Denim dan Jeans
Source : https://google.co.id/

Denim dan jeans, apakah keduanya sama? – Banyak yang mengira jika Denim dan Jeans merupakan istilah yang sama. Namun nyatanya antara Denim dan Jeans adalah berbeda. Singkatnya Denim merupakan bahan pembuatan celana Jeans. Denim tercipta di sebuah kota di Perancis, yaitu Nimes. Pada awalnya bahan ini disebut ‘Serge de Nimes’ kemudian disingkat menjadi de Nime atau lebih dikenal dengan sebutan Denim. Denim merupakan material kain kokoh yang terbuat dari kain katun twill. Ada pula yang menyebutkan kain Denim terbuat dari wool dan ada pula Denim dengan bahan dasar sutra yang dicampur wool.

Sedangkan Jeans merupakan celana celana jadi berbahan Denim. Perusahaan Jeans ternama yakni LEVIS membuat jenis celana berbahan denim kemudian dinamakan Jeans. Jacob Davis dan Levi Straus pertama kali menciptakan Jeans pada tahun 1873. Awalnya celana ini didesain untuk para pekerja kasar di tambang. Pada awalnya kantung kecil disebelah kanan atas celana digunakan untuk menyimpan bahan hasil tambang.

Denim dan jeans, Berikut spesifikasinya

Spesifikasi Denim

Twill. Yakni alur dari kain denim. Twill terbagi menjadi 2 macam, yaitu Right Twill dan Left Twill.

Denim dan Jeans
Source :
https://google.co.id/

Oz. yakni ukuran ketebalan Denim. Semakin kecil Oz maka semakin lemas, sebaiknya semakin besar Oz maka denim semakin kaku.

Denim dan Jeans
Source :
https://google.co.id/

Spesifikasi Jeans

Rivets. Yaitu komponen kecil yang biasa menempel di persimpangan jahitan Jeans. Tujuan ditambahkannya rivets ini agar jahitan celana tidak mudah lepas.

Denim dan Jeans
Source :
https://google.co.id/

Jahitan rantai / chainstitch. Terdapat 2 macam jahitan pada jeans, jahitan biasa dan jahitan rantai (chainstitch). Perbedaannya terletak pada struktur jahitan rantai yang lebih kuat dibandingkan dengan jahitan biasa.

Denim dan Jeans
Source :
https://google.co.id/

Jenis denim yang digunakan. Pada pembuatan jeans terdapat beragam penggunaan jenis denim seperti Raw Denim / Dry Denim, Washed Denim dan Prewashed Denim. Masing-masing tentu memiliki karakter serta bahan dasar kain yang berbeda.

Kini anda sudah tau kan perbedaan antara Denim dan Jeans. Jadi jangan sampai salah sebut ketika anda membeli celana baru.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.