Apa yang kamu rasakan saat dipanggil interview suatu pekerjaan? Bahagia bukan?. Tetapi itu belum cukup karena biasanya masih ada beberapa tahapan sebelum akhirnya diterima sebagai karyawan.
Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan olehmu ialah menindaklanjuti apakah kamu lolos interview kerja atau tidak, karena faktanya informasi tersebut tidak selalu dikabarkan secara otomatis karena perlu dikonfirmasi lebih lanjut.
Pernah merasa bimbang di posisi seperti itu?  Sebenarnya sangatlah penting untuk menindaklanjuti setelah interview kerja, tetapi tetap ada aturannya supaya tetap profesional. Mau tahu bagaimana, ini tata cara dan kiat yang bisa kamu lakukan.
-
Tanyakan kabar selanjutnya setelah interview
Biasanya recruiter membutuhkan beberapa waktu untuk menentukan kabar untuk menentukan proses wawancara selanjutnya karena memiliki beberapa kandidat sebelum mengambil keputusan. Ketika kamu mendapatkan panggilan interview jangan lupa untuk menanyakannya di akhir perjumpaan seperti kapan pengumumannya jika lolos ke tahapan selanjutnya dan siapa yang akan mengontakmu. Umumnya recruiter membutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu untuk menentukan jawaban setelah wawancara.
Hal ini akan memberikan kamu kesempatan untuk menanyakan dengan sopan peluang untuk mengirimkan e-mail kepada recruiter atau pewawancara untuk mengetahui apakah kamu perlu menindaklanjuti atau tidak wawancara tersebut.
Baca juga:Â Tidak Membalas Email di Hari Libur Itu Baik
-
Bersikaplah sopan dalam menulis
Saat menulis utarakan  dan tulislah kata-kata yang positif serta sopan sebagai etiket email yang baik. Ada beberapa hal yang perlu kamu patuhi misalnya seperti jangan menggunakan huruf besar, Caps Lock atau huruf kapital, hindari penggunaan tanda seru (!) emoticon dan bahasa-bahasa gaul, jangan menggunakan singkatan kecuali ada penjelasannya dan yang terpenting periksa kembali ejaan serta tata bahasa sebelum mengirim.
-
Isi E-mail tindak lanjut wawancara
Isi yang paling tepat untuk menuliskan e-mail tindak lanjut terbaik yaitu menyapa mereka dengan nama depan mereka, kemudian utarakan bahwa kamu ingin menindaklanjuti sehubungan pekerjaan yang pernah kamu wawancarai, spesifik mengutarakan pekerjaan yang dilamar tentang posisi dan tanggal kamu di wawancarai, tunjukkan antusiasme terhadap pekerjaan yang kamu lamar tersebut, memberitahukan bahwa apapun yang informasi yang mereka berikan kepadamu nanti akan dihargai, jangan lupa mengutarakan kata terima kasih dan sampaikan semua itu dalam tulisan yang padat dan berisi.
Baca juga:Â Finansial Tenang Kini Dan Nanti, Yuk Mulai Menabung Di Umur 20an!
-
Penggunaan tata bahasa
Periksa kembali ejaan, isi surat dan tata bahasa sebelum mengirimkannya kepada pewawancaramu, bahkan kamu bisa menuliskannya terlebih dahulu di microsoft word atau google docs supaya bisa kamu edit. Kamu dapat merusak keseluruhan hasil wawancaramu jika tidak bisa menuliskannya dengan baik dan benar di e-mail.
Jika masih belum yakin tentang materi yang sudah ditulis, mintalah pendapat sahabat, teman atau anggota keluarga untuk melihat tulisanmu. Periksa kembali semuanya dan utarakan dengan sopan. So, perhatikan baik-baik sebelum menekan tombol sent. Semoga bermanfaat ^^
Baca juga:Â Mantan Udah Move On Duluan? Ga Usah Baper