Kejadian – Kejadian Unik Saat Sidang MK Sengketa Pilpres 2019

0
125
Sidang MK

Sidang sengketa MK Pilpres 2019 beberapa waktu yang lalu memang sudah selesai. Banyak juga yang memprediksi, bahwa sidang tersebut akan berlangsung dengan serius dan mencekam. Namun ternyata dibalik ketegangan sidang MK ini, banyak sekali kejadian lucu dan unik yang terjadi pada saat sidang berlangsung. Setelah sidang selesai pun kelucuan dan keunikan yang terjadi di MK semakin tersiar ke berbagai macam social media, hal ini pun kemudian langsung menjadi bahan pembicaraan sekaligus banyak juga yang membuat ‘Meme’ dari kelucuan pada saat sidang MK sengketa Pilpres lalu.

Berikut 4 hal lucu dan unik yang menjadi bahan pembicaraan pada saat sidang MK sengketa pilpres beberapa waktu yang lalu:

Berfoto menggunakan laptop

Saat sedang menunggu hasil sidang yang perihal masalah perselisihan hasil pilpres 2019 kemarin, menyisakan berbagai cerita lucu dan unik.

Salah satunya adalah beredarnya foto momen yang diambil sesaat setelah sidang kelima di MK sebelum ditutup. Tim Hukum Prabowo – Sandiaga maupun Jokowi – maruf Amin tampak saling berpelukan hangat.

Mereka pun tidak lupa menyempatkan diri untuk melakukan foto bersama. Uniknya, mereka menggunakan laptop dan bukan menggunakan smartphone untuk melakukan foto bersama.

Unggahan foto tersebut menjadi bahan perbincangan warga-net. Banyak warga-net yang mengapresiasi sikap tim hukum dari kedua belah kubu yang mampu mencairkan suasana, dimana sebelumnya saat sidang berlangsung sempat terjadi perdebatan panjang mengenai sidang sengketa Pilpres 2019.

Baca Juga: Jengki Coffee And Bistro, Suguhkan Atmosfer Hangat Nan Santai Di Tepi Kota

Salah sebut ‘Hakim dengan Baginda’

Ada juga kejadian lucu yang terekam saat salah satu saksi yang dihadirkan oleh tim hukum pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo – Sandiaga. Saksi ini pun salah menyapa hakim dengan sebutan baginda. Kemudian istilah baginda tersebut sempat membuat hakim menjadi tertawa, sehingga hakim pun menyuruh saksi untuk tidak lagi menyebutkan hakim dengan sebutan baginda.

Ucapan hakim yang membalas ucapan saksi yang menyebutnya baginda pun sempat viral di dunia maya, “ Jangan bagindalah, nanti saya dikira raja lagi,” kata Palguna sambil tertawa.

Baca Juga: Buku Manual Apple-1 Dilelang, Harganya Ratusan Juta Rupiah

Analogi obat batuk

Analogi terkadang diperlukan untuk mempermudah pemahaman, saat sedang menceritakan sebuah kejadian. Analogi ini juga digunakan oleh salah satu saksi dari TKN yang membuat sebuah analogi obat batuk untuk menjawab pertanyaan tim hukum pemohon, Iwan Satria.

Suasana hening yang menyelimuti persidangan sengketa hasil pemilihan umum di Mahkamah Konstitusi pun, seketika pecah saat koordinator bidang pelatihan di Direktoratsaksi Tim Kampanye Nasional Joko Widodo – Ma’ruf Amin yaitu, Anas Nasikin bersaksi.

Seisi ruang sidang pun, tertawa saat Nasikin yang merupakan tenaga ahli fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)di DPR RI, memberikan analogi obat batuk untuk menjawab pertanyaan tim hukum pemohon.

Awalnya, Iwan pun sempat menanyakan mengenai latar belakang munculnya istilah kecurangan bagian dari demokrasi dalam pelatihan saksi yang digelar TKN pada Februari 2019 lalu. Kemudian, Nasikin pun memberikan sebuah perumpamaan.

“Filosofinya begini, anda mau batuk kering mau batuk ini, batuk itu, minumnya koni**n. Dalam pemilu ada kecurangan pasca hari H, atau pada saat pemilu. Perlu diantisipasi pakai aplikasi ‘jamin’. Maka akan tercipta pemilu yang terhindar dari kecurangan” kata Nasikin.

Iwan pun kemudian menanyakan, perihal maksud dari pernyataan Nasikin tersebut. Lalu, Nasikin pun melanjutkan analogi yang dia jelaskan.

“Jangan dibalik, bahaya kalau di balik. Anda minum konidin,maka anda batuk,” kata Nasikin.

Jawaban Nasikin tersebut sontak membuat seisi ruang sidang tertawa. Termasuk para kuasa hukum pemohon.

Baca Juga: Polusi Udara di Indonesia Masuk dalam Peringkat 5 Besar

Saksi kebelet ke kamar mandi

Buang air kecil, terkadang kita tidak bisa menahannya apalagi saat menahannya dengan waktu yang cukup lama.Hal ini mungkin menjadi salah satu faktor, mengapa saksi di sidang MK sengketa pilpres meminta izin untuk meninggalkan ruang sidang untuk ke kamar mand beberapa waktu lalu.

Awalnya saat hakim MK, Saldi Isra hendak menanyakan terkait dengan adanya rekayasa dalam populasi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Namun, saat itu, Saldi melihat Idham sedang menunduk seperti menahan rasa sakit.

Nama Miss Merry Riana Disebut-sebut

Hal unik lainnya adalah ketika beberapa waktu lalu, nama-nama motivator pun ikut disebut-sebut oleh salah satu BPN dan dari nama itu, salah satunya adalah Merry Riana.

Siapa yang tidak mengenal Merry Riana? Merry Riana seorang Entrepreneur, Influencer, & Educator yang berhasil mendapatkan satu juta dolar ketika berusia 26 tahun.

Saat namanya disebut, Merry pun mengaku kaget karena di-mention oleh seseorang, karena namanya masuk dalam jajaran nama yang disebut-sebut saat sidang MK sengketa pilpres beberapa waktu lalu.

“Harapan saya semoga Sidang MK berjalan dengan lancar, aman, jujur dan adil, sehingga apapun hasilnya bisa diterima dengan baik dan untuk kebaikan Indonesia. Kalau kamu, apa harapannya?” ungkapan Ms Merry terhadap sidang MK di laman akun Instagram miliknya.

loading...