Bakteri Jahat Menumpuk Di Keyboard Komputer!

0
80
keyboard komputer
Bagi banyak orang, bersentuhan dengan laptop atau komputer setiap harinya sudah menjadi rutinitas. Tak heran jika keyboard komputer adalah piranti yang paling sering disentuh oleh pengguna. Namun, siapa sangka keyboard komputer bisa berkembang menjadi sarang berbagai macam kuman jahat.
Peter Watson, konsultan ahli mikrobiologi dari University College London Hospitals (UCLH) Inggris pernah meneliti keyboard komputer di kantornya pada tahun 2005. Hasilnya, dari 33 sampel permukaan keyboard, empat diantaranya disebut-sebut sangat membahayakan kesehatan. Salah satunya bahkan mengandung kuman lima kali lipat dari jumlah kuman di toilet duduk kantor.

Baca juga: Rustic, Tema Resepsi Pernikahan Yang Wajib Dicoba

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa keyboard komputer yang dipakai bersama-sama di sebuah lab medis sangat potensial terkontaminasi mikroba. Beberapa diantaranya sangat berperan vital dalam transmisi infeksi nosokomial antara mahasiswa kedokteran dan pasien di rumah sakit. Infeksi nosokomial ialah infeksi yang penyebarannya di dalam lingkungan rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

Para peneliti sepakat bahwa cara efektif untuk mengenyahkan bakteri jahat di keyboard adalah dengan cara membersihkannya. Salah satu penyebab kotor dan jadi sarang bakteri menurut Peter Watson, ialah karena perilaku penggunanya. Misalnya menyantap makan siang atau kue sambil menggunakan komputer. Remah-remah dan noda makanan yang jatuh di keyboard akan melekat dan menumbuhkan berbagai macam bakteri.

keyboard komputer

Keyboard harus dibersihkan dari debu dan remah-remah makanan, dilap dengan kain lembut tak berbulu yang sedikit basah. Kalau perlu, keyboard juga dibersihkan dengan disinfektan seperti tisu beralkohol. Kebersihan lain pengguna seperti tidak mencuci tangan setelah ke toilet bisa juga menyebabkan bakteri berkembang biak di keyboard.

Baca juga: Membuat Pizza Dengan Ilmu Fisika? Bagaimana Bisa?

Bagaimana dengan komputer pribadi?

Keyboard komputer pribadi cenderung lebih sedikit menyimpan tumpukan bakteri. Peneliti menemukan bahwa jumlah bakteri yang ada di keyboard komputer pribadi cenderung lebih rendah dibandingkan keyboard komputer yang dipakai bersama.

Bakteri yang ditemukan oleh peniliti ialah bakteri yang cenderung hidup pada tubuh manusia. Biasanya dikulit, mulut dan saluran hidung. Jadi, kemungkinan sebagian besar bakteri berasal dari tangan kita sendiri.

keyboard komputer

Beragam bakteri jahat ini sebenarnya tidak akan dengan mudah menyakiti manusia, kecuali sistem kekebalan tubuh sedang lemah karena terserang penyakit atau memiliki luka terbuka. Maka, tak ada salahnya untuk menjaga kebersihan permukaan keyboard komputer, entah itu milik pribadi maupun umum.

Baca juga: Mabuk Air Rebusan Pembalut Wanita Tren Dikalangan Remaja

Semoga bermanfaat ^^

loading...